Setelah berusia 6 bulan, anak-anak sudah bisa diberi asupan makanan selain ASI. Meski begitu, makanan yang diberikan kepada mereka berupa makanan lembek atau yang dikenal dengan sebutan menu MPASI atau makanan pelengkap ASI.

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat MPASI sendiri di rumah. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda membuatnya. Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan kepada Anda beberapa hal penting yang wajib diketahui saat membuat MPASI sendiri.

1.  Pemilihan Bahan yang Tepat

Perlu Anda ketahui, anak-anak di masa tumbuh kembang memerlukan asupan nutrisi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Maka dari itu, pastikan pemilihan bahannya sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak selain rasanya yang lezat.

menu mpasi

Ada banyak sekali pilihan bahan yang bisa Anda gunakan. Namun jika Anda memilih bahan dasar karbohidrat seperti nasi merah, nasi putih, atau gandum, maka Anda harus menambahkan protein seperti daging dan sayuran.

Selain itu, MPASI juga bisa dibuat dengan buah-buahan seperti alpukat, pepaya, maupun pisang.

2.  Cara Pengolahan yang Baik dan Benar

Seperti yang kita ketahui, MPASI harus diolah lembek sehingga bayi atau si kecil nyaman saat mengkonsumsinya. Salah satu alasan kenapa MPASI harus lembek yaitu agar mudah dicerna oleh anak-anak, karena sistem pencernaan anak-anak yang memerlukan MPASI masih belum sempurna.

Untuk pengolahan karbohidrat, Anda bisa langsung menjadi bubur. Atau bisa juga dengan mengolah nasi menjadi sangat lembek yang kemudian dikombinasikan dengan beberapa makanan yang lain.

Kombinasi makanan lain yang bisa anda pilih di antaranya seperti sayuran dan daging. Silahkan Anda kukus kemudian olah menjadi lembek.

3.  Cara Pemberian

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak biasanya mudah lapar. Jadi Anda tidak perlu menjadwalkan waktu makan anak seperti orang dewasa. ketika anak merengek minta makan, Anda bisa langsung memberinya makanan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk terus memberi mereka susu. Contohnya susu Dancow yang kini tersedia untuk anak-anak hingga berusia 3 tahun.

Itulah beberapa cara mengolah menu MPASI yang baik dan benar. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas agar MPASi Anda disukai dan memenuhi nutrisi anak.

Anda mungkin juga menyukai: