Minyak ikan merupakan minyak yang didapatkan dari ekstraksi jaringan ikan. Ada banyak kandungan minyak ikan seperti DHA, omega 3, vitamin A, dan lain sebagainya. Kandungan tersebut membuat minyak bermanfaat untuk anak seperti meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan kualitas tidur, menjaga kesehatan mata, dan lain-lain. Namun Anda tetap harus cermat dalam memberikan minyak ikan untuk anak. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti saat memberikan minyak ikan pada si Kecil:

  • Dapatkan Asupan Minyak Ikan dari Makanan

Minyak ikan pada umumnya bisa didapatkan dari suplemen dan juga makanan yang memang mengandung minyak ikan. Sebaiknya Anda memberikan asupan minyak ikan melalui makanan. Anda bisa memberikan minyak ikan yang kaya omega 3 seperti salmon, mackerel, sarden, dan lain sebagainya. 

  • Ketahui Berapa Kebutuhan Minyak Ikan Anak

Sama seperti nutrisi lainnya, asupan minyak ikan untuk anak juga tidak boleh berlebihan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui berapa kebutuhan minyak ikan anak setiap hari. Pada umumnya kebutuhan nutrisi anak berbeda-beda di setiap tahapan usia. Yang artinya anak di bawah 3 tahun membutuhkan asupan minyak ikan yang berbeda dengan anak usia sekolah. Setidaknya anak-anak perlu mengonsumsi ikan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

  • Konsultasikan dengan Ahli

Cara paling tepat saat ingin memberikan minyak ikan pada si Kecil adalah konsultasi dengan para ahli. Apalagi jika Anda ingin memberikan minyak ikan dalam bentuk suplemen. Tanyakan juga berapa dosis atau kebutuhan minyak ikan harian anak.

Itulah tips memberikan minyak ikan untuk anak yang bisa Anda ikuti. Asupan minyak ikan yang tepat dan seimbang akan memberikan dampak baik pada tumbuh kembang si Kecil. Selain makanan yang mengandung minyak ikan, si Kecil juga bisa mendapatkan asupan minyak ikan melalui susu pertumbuhan yang dikonsumsinya.

Nestle Lactogrow adalah susu pertumbuhan yang mengandung minyak ikan. Anda bisa memberikan 2-3 gelas susu setiap hari pada si Kecil. Jangan lupa untuk memilih varian sesuai tahapan usia si Kecil yaitu Lactogrow 3 untuk anak 1-3 tahun dan Lactogrow 4 untuk anak pra sekolah. Selain minyak ikan, Lactogrow juga mengandung omega 3, omega 6, 0 gram sukrosa, dan lain-lain.

Anda mungkin juga menyukai: