Di era serba digital seperti sekarang ini, Anda harus memilih jurusan kuliah yang tepat agar punya peluang lulus langsung kerja. Salah satu jurusan kuliah yang paling relevan dengan kebutuhan jaman yang semakin canggih adalah jurusan Teknik Informatika. Anda yang bingung mencari kampus terbaik untuk menempa kemampuan diri, sebaiknya pertimbangkan memilih jurusan TI di IDS Digital College sekarang juga. 

Prospek web developer dan tugas yang perlu kamu ketahui 

Kuliah Teknik Informatika memberikan peluang untuk kamu lulus S1 dan bekerja di perusahaan informatika ternama. Tidak hanya bisa bekerja saja, kamu juga bisa memilih karir sebagai pengusaha mandiri dengan membuka layanan jasa pembuatan website dewasa ini. Kebutuhan website untuk keperluan bisnis, organisasi, lembaga tertentu, dan masih banyak potensi lain. Pastikan Anda adalah salah satu calon web developer berpengalaman dan profesional di bidang potensial ini, ya!

Berikut 3 klasifikasi tugas web developer yang perlu kamu ketahui yaitu :

  1. Front end 

Front end adalah bagian depan website yang bisa menjadi branding perusahaan di mata pengguna yang mengakses situs. Oleh sebab itu, Anda yang menjadi web developer harus mengatur warna dan tulisan pada website klien dengan bahasa coding HTML, CSS dan JavaScript. 

Tidak hanya tiga bahasa pemrograman saja, Anda harus mahir menggunakan framework yang membuat tampilan website lebih ramah digunakan pengguna baik aplikasi mobile atau PC. Ibarat website adalah rumah, tugas Anda sebagai front end developer harus mendesain rumah menjadi lebih baik dengan kreativitas tinggi.

  1. Back end developer

Selain menjadi front end developer, Anda juga harus tahu tugas web developer sebagai back end developer yang harus membangun dan mengelola tiga komponen utama website mencakup server, aplikasi dan database. Tugas memastikan kelancaran komunikasi komponen website, Anda harus bekerja sama dengan tim lain yang menyusun tampilan website tetap paripurna. 

  1. Full stack developer

Jurusan Teknik Informatika memberikan wawasan dan pengalaman yang bagus sehingga Anda bisa menjadi web developer profesional kelak. Kerja Anda akan berkaitan dengan front end dan back end sehingga mengusai keduanya akan memberikan kesempatan kerja yang lebih banyak. Inilah yang disebut dengan full stack developer yang paham cara kerja website bisa menjadi web developer independen dengan permintaan klien yang terus meningkat. 

Anda harus memastikan website bisa bekerja secara optimal baik dari tampilan yang bagus, desain website hingga kelancaran loading. Kinerja website yang ditangani full stack developer profesional akan memuaskan para pengguna sehingga pemilik website melakukan repeat order untuk full stack developer terkait. Bahasa pemrograman dari HTML sampai Phyton sudah dilibas habis oleh full stack developer yang bisa Anda dapatkan bila memutuskan kuliah di IDS Digital College. 

Tugas dan tanggung jawab web developer mencakup bidang yang sangat luas mulai mendesain tampilan agar lebih bagus, harus bisa memecahkan masalah pada website, harus punya komunikasi bagus dengan tim lain, dan masih banyak tanggung jawab dalam melancarkan akses ke website terkait. 

Jika Anda ingin berkarir sebagai web developer profesional, sebaiknya latih kemampuan diri dengan terus menerus. Belajar bahasa pemrograman secara otodidak atau modul bukan hal yang salah, tetapi Anda bisa mendapatkan program pendidikan lebih berstruktur dan memiliki kurikulum internasional bila memilih jurusan Teknik Informatika di STMIK IDS Digital College. Pendidikan S1 yang memberi kesempatan magang dan menjamin lulus langsung kerja di perusahaan informatika ternama, kenapa tidak? 

Anda mungkin juga menyukai: