Para pakar pendidikan anak usia dini berpendapat bahwa sebelum si kecil duduk di Sekolah Dasar sebenarnya belum tepat waktunya untuk mengajarkan calistung. Tetapi banyak orang tua yang terobsesi anak pintar membaca, menulis dan berhitung sebelum masuk SD. Boleh saja mengenalkan anak konsep calistung sederhana hanya saja jangan memaksakan mereka untuk mahir dalam hal tersebut sebelum sekolah SD.

Walaupun orang tua ingin mengajarkan membaca pada anak lakukanlah dengan cara yang menyenangkan agar si kecil merasa nyaman. Caranya adalah sebagai berikut.

Cara Menyenangkan untuk Mengajarkan Anak Membaca

Jadikan Membaca sebagai Bagian dari Aktivitas Harian

Sebaiknya tidak perlu memaksa anak untuk belajar membaca dengan jam atau waktu yang khusus. Ajarkan anak untuk mengenal huruf saat kondisi sedang nyaman dan memungkinkan seperti saat sarapan. Anda bisa mengajak anak mengeja tulisan yang ada pada kemasan produk menu sarapan seperti sereal misalnya. Lakukan hal tersebut secara rutin sehingga tanpa disadari anak pintar membaca tanpa merasa terpaksa.

Biasakan Anak dengan Buku

Anak adalah peniru terhebat jadi kalau mereka sering melihat orang tuanya membaca buku maka akan ditirukan juga. Anak juga akan senang melihat buku kemudian membacanya meskipun belum lancar. Biasakan untuk selalu membawa buku kemanapun agar minat si kecil untuk membaca bisa lebih terbentuk. Semakin sering anak membaca akan semakin bagus juga kemampuannya.

Buat Buku Sendiri

Menumbuhkan minat membaca pada anak bisa juga dilakukan dengan cara membuat buku sendiri. Isilah buku tersebut dengan gambar-gambar dari cerita yang menjadi favorit si kecil. Dengan begitu anak akan selalu tertarik untuk membacanya dimanapun mereka berada. Cara ini juga akan mengasah kemampuan anak untuk menulis dan menggambar.

Bermain Susun Kata

Cara menyenangkan untuk membuat anak pintar membaca bisa dilakukan melalui permainan susun kata. Anda bisa menggunakan scrabble untuk mengajak anak bermain menyusun kata. Semakin banyak kosakata yang bisa disusun maka semakin bagus kemampuan linguistiknya. Artinya orang tua telah berhasil mengajarkan membaca kepada si kecil dengan cara yang membuat mereka senang.

Anda mungkin juga menyukai: