Anda pemilik asuransi BPJS? Kini, Anda bisa membayar iuran atau tagihannya dengan mudah dan cepat secara online. Pasalnya, ada banyak layanan bayar tagihan BPJS yang bisa Anda proses secara online sehingga Anda bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja.

Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara melakukan pembayaran tagihan BPJS tersebut agar bisa dilakukan secara online. Jadi, silahkan Anda menyimak artikel ini hingga selesai, ya.

Fungsi dan Kelebihan BPJS

Menurut Undang-Undang nomor 24 tahun 2011, BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

bayar tagihan BPJS
bayar tagihan BPJS
  • Sebagai pihak yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan untuk masyarakat.
  • Sistem Jaminan Sosial Nasional berdasarkan UU Nomor 40 tahun 2004.
  • BPJS diselenggarakan berdasarkan prinsip asuransi sosial dan juga prinsip ekuitas.
  • BPJS bertujuan untuk menjamin peserta asuransi kesehatan menerima manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan yang berkaitan dengan kesehatan.

Adapun manfaat utama dari BPJS ini sama seperti asuransi pada umumnya. Dengan asuransi berbagai tanggungan biaya kesehatan Anda akan ditanggung oleh perusahaan terkait. Dalam hal ini, BPJS yang akan membantu pembayaran biaya kesehatan tersebut.

Cara Bayar Tagihan BPJS Secara Online

Saat ini, pembayaran tagihan BPJS sudah bisa Anda proses kapan saja dan dimana saja. Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan cara membayar tagihan BPJS secara online melalui layanan online banking yang saat ini sudah banyak digunakan.

1.  Menggunakan Layanan M-Banking atau Internet Banking

Meski sama-sama berbasis layanan perbankan online, namun faktanya, m-banking dan online banking ini memiliki perbedaan. Internet banking adalah layanan yang bisa diakses melalui web bank terkait. Sedangkan m-banking yaitu berupa aplikasi perbankan online yang bisa diakses via HP.

Pastikan layanan internet banking maupun m-banking Anda aktif. Tujuannya agar Anda bisa menggunakannya untuk proses pembayaran BPJS.

2.  Login di Layanan Online Banking

Silahkan Anda login pada layanan internet banking maupun m-banking. Pertama-tama, Anda harus membuat akun terlebih dahulu di kantor cabang terdekat. Setelah itu, Anda baru bisa login ke dua layanan online banking tersebut dimana saja.

3.  Pilih Menu Layanan Multi Payment

Untuk membayar BPJS, silahkan Anda pilih menu pembayaran, atau biasa dikenal dengan sebutan multipayment. Pada layanan ini Anda bisa melakukan berbagai macam pembayaran, sebut saja salah satunya pembayaran layanan BPJS.

Silahkan Anda cari layanan pembayaran BPJS untuk melakukan pembayaran pada menu online banking tersebut.

4.  Masukkan Nomor Kepesertaan BPJS

Setelah menemukan menu layanan pembayaran BPJS, selanjutnya silahkan Anda masukkan nomor kepesertaan BPJS. Pastikan Anda menginput nomor yang tepat agar proses pembayaran berjalan sesuai rencana.

Setelah itu, klik tombol selanjutnya, maka Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya. Di halaman berikutnya akan ditampilkan nama pemilik BPJS, informasi tagihan bulanan, nama pemilik BPJS, hingga denda (jika ada).

5.  Ikuti Proses Pembayaran

Pastikan nama dan jumlah tagihan sesuai. Jika sudah sesuai, silahkan Anda klik tombol “Lanjutkan” atau “Bayar”. Namun, sebelum Anda menekan tombol pembayaran, pastikan saldo di rekening Anda mencukupi.

Setelah proses pembayaran selesai, cek informasi “Pembayaran Berhasil”. Jika sudah muncul informasi keberhasilan proses pembayaran, maka pembayaran BPJS pun sudah selesai Anda lakukan secara online via layanan online banking.

Bagaimana, mudah bukan cara pembayaran BPJS via online? Layanan bayar tagihan BPJS online ini juga sudah tersedia di Bank Sinarmas, baik melalui layanan internet banking maupun m-banking. Selamat mencoba.