Area apa pun yang dialokasikan semata-mata untuk tujuan pengembangan industri disebut sebagai kawasan Industri. Yang membuat daerah ini berbeda dengan daerah lainnya adalah karena daerah ini hanya fokus dalam bisnis industri, biasanya terletak di pinggir kota dan memiliki akses transportasi yang baik.

Ide di balik mengalokasikan area tertentu kadin indonesia sebagai pengembangan industri di Indonesia adalah upaya untuk mengurangi pengeluaran yang biasanya dihadapi oleh industri tugas berat dalam mendirikan toko di berbagai daerah. Kebanyakan kawasan industri terletak di dekat infrastruktur seperti pasokan listrik berkekuatan tinggi, jalan raya, kereta api, dll.

Poin Utama Untuk Pengembangan Industri yang Efektif

Banyak kota mengalokasikan area yang berbeda untuk pengembangan industri di Indonesia. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan untuk mengubah setiap kawasan industri menjadi sukses besar:

Lokasi

Salah satu poin penting untuk mengubah setiap kawasan industri menjadi sukses besar adalah dari segi lokasi. Seperti halnya Real estate, lokasi memainkan peran penting dalam membuat kawasan industri apapun menjadi sukses. Ini harus dekat dengan fasilitas transportasi yang berbeda, seperti jalan raya nasional, stasiun kereta api atau bahkan pelabuhan.

Semakin tinggi jumlah moda transportasi yang berbeda, semakin tinggi peluang kawasan industri tersebut. Tenaga kerja yang besar akan dibutuhkan untuk kelancaran fungsi perusahaan yang mendirikan toko di dalam kawasan industri. Jika perusahaan ingin menarik pekerja yang memenuhi syarat namun dengan upah rendah, perusahaan bisa membuka kawasan industri di pinggiran kota.

Layanan Infrastruktur

Salah satu poin penting untuk membuat kawasan industri menjadi sukses adalah tersedianya layanan Infrastruktur. Ketika infrastruktur berkualitas tinggi didirikan di dalam kawasan, perusahaan industri akan segera mulai berbondong-bondong untuk mendapatkan jalus masuk. Kawasan industri umumnya memerlukan layanan yang berbeda seperti listrik tegangan tinggi, pengolahan limbah, internet, dll. Input yang diperlukan untuk kawasan industri bervariasi tergantung pada jenis industrinya. 

Manajemen Cerdas

Salah satu poin penting untuk pengembangan industri di Indonesia sukses adalah dengan melakukan manajemen cerdas dalam perusahaan. Menyiapkan dan menjalankan pabrik cenderung menjadi tugas yang sulit kecuali bantuan eksternal diperhitungkan. Sebagian besar kawasan industri yang sukses di seluruh dunia telah membantu perusahaan dan pabrik lain yang juga mendirikan pabrik mereka di dalam kawasan, untuk mendukung proses supply chain.

Itulah beberapa hal yang dibutuhkan dalam membuat kawasan industri sukses dalam kurun waktu jangka panjang . Selain itu dukungan dari pihak eksternal seperti KADIN indonesia sangat penting untuk dapat meningkatkan proses pertumbuhan kawasan industri.

Anda mungkin juga menyukai: