Investasi adalah salah satu sistem penanaman modal yang paling mudah. Investasi ini sangat cocok sekali untuk para investor yang baru memulai menanamkan modal. Kini bahkan ada salah satu investasi yang paling menguntungkan, yaitu jenis investasi syariah. Sistemnya menggunakan syariah atau aturan agama Islam.

Tertarik untuk berinvestasi syariah? Berikut akan kami coba jelaskan apa saja tips yang harus Anda ketahui agar proses investasi berjalan lancar, khususnya berinvestasi syariah.

1.      Memilih Bank yang Tepat

Saat ini ada cukup banyak bank yang menawarkan produk investasi berbasis syariah. Salah satu yang terbaik adalah Bank Danamon. Bank yang satu ini menawarkan sistem syariah yang sangat disukai dan juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem investasi lainnya.

Dengan memilih bank yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dan juga sistem penanaman modal yang tergolong terjamin. Pilihlah bank kredibel yang sudah mendapatkan lisensi dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

2.  Menentukan Nilai Investasi Sesuai Kemampuan

Pastikan Anda hanya memilih modal investasi dari uang yang benar-benar tidak sedang Anda gunakan. Artinya, modal yang Anda gunakan yaitu modal dari uang yang tidak Anda gunakan untuk kebutuhan bulanan atau kebutuhan yang bersifat penting.

Selain itu, sesuaikan modal dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Dengan begitu, penanaman modal yang Anda lakukan sesuai dengan kemampuan finansial yang Anda miliki.

3.  Menentukan Masa Tenor Investasi

Hal lain yang menentukan kesuksesan dari sebuah investasi adalah memilih masa tenor. Contohnya Anda memilih investasi dengan produk keuangan pasar modal untuk masa investasi 12 bulan. Pastikan uang yang Anda investasikan untuk masa tenor 12 bulan tersebut tidak akan Anda gunakan.

Pasalnya, uang yang Anda investasikan tidak akan bisa Anda tarik kembali, terutama jika sudah dimasukkan ke dalam pasar modal berjangka. Itulah kenapa, Anda juga harus menggunakan dana di luar dana untuk memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari.

Itulah beberapa tips investasi syariah yang dapat membantu Anda meningkatkan level kesuksesan Anda pada saat melakukannya. Bagi yang sedang bingung memilih bank yang tepat, Bank Danamon bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Anda mungkin juga menyukai: