Makanan adalah sumber nutrisi dan juga gizi yang penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Ada dua macam makanan bayi yang bisa diberikan pada Si Kecil yaitu makanan siap saji atau MPASI instan dan makanan homemade yang dibuat sendiri. Keduanya bisa diberikan pada Si Kecil secara bergantian sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain memilih jenis makanan, Anda juga perlu mengetahui cara menyiapkan makanan yang tepat. Sebelum menyiapkan makanan, cuci terlebih dahulu tangan Anda dengan air yang mengalir dan sabun. Pastikan tekstur yang diberikan sesuai dengan usia Si Kecil karena perkembangan pencernaannya berbeda. Sedangkan tips menyiapkan makanan untuk Si Kecil yaitu sebagai berikut:

makanan bayi

Menyiapkan Makanan Siap Saji

Makanan siap saji adalah MPASI instan yang bisa Anda beli di toko terdekat. Apabila memberikan makanan ini, berikut hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pilih MPASI instan yang memenuhi standar kesehatan yaitu sudah lulus uji BPOM.
  2. Sebaiknya hindari MPASI instan yang memiliki kandungan pemanis atau perasa lainnya.
  3. Gunakan peralatan makan yang higienis saat akan memberikannya pada Si Kecil.
  4. Simpan sisa makanan yang belum disajikan dengan baik.
  5. Habiskan makanan dalam kurun waktu 1-2 hari setelah dibuka.

Menyiapkan Makanan Buatan Sendiri

Apabila Anda ingin membuat makanan bayi sendiri, berikut tips yang bisa diikuti:

  1. Haluskan makanan menggunakan food processor atau blender.
  2. Masak makanan dengan tepat yaitu dengan cara dikukus karena direbus bisa menghilangkan banyak kandungannya. 
  3. Pada awal mendapatkan makanan, berikan MPASI satu bahan. Setelah itu baru variasikan dengan beberapa bahan ketika mereka sudah terbiasa.
  4. Olah makanan menjadi bubur dengan tekstur sesuai usia Si Kecil.

Itulah tips menyiapkan makanan bayi yang bisa Anda ikuti. Biasanya makanan siap saji menjadi pilihan ketika Anda memiliki kesibukan yang tinggi. Salah satu makanan siap saji yang bisa Anda pilih adalah Nestle Cerelac. Ada dua varian yang bisa dikonsumsi mulai usia 6 bulan yaitu Cerelac Bubur Sereal dan Cerelac Bubur Sereal Susu. Sementara varian Cerelac Homestyle bisa dikonsumsi anak mulai usia 7 bulan.

Anda mungkin juga menyukai: