Sangat wajar jika Bunda resah ketika Si Kecil mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang sering terjadi pada Si Kecil adalah konstipasi. Supaya Bunda tidak resah secara berkelanjutan, sebaiknya Bunda mengetahui gejala dan cara mengatasinya. Sebab, kesehatan pencernaan merupakan kunci pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Sehingga tidak salah jika Bunda memberikan asupan susu pertumbuhan terbaik untuk anak 2 tahun.

Konstipasi adalah kondisi dimana anak atau orang susah buang air besar, hal ini biasanya terjadi selama dua minggu atau lebih. Adanya perubahan frekuensi BAB pada anak memang merupakan hal normal. Namun apabila anak menunjukkan gejala seperti BAB kurang dari 2 kali seminggu atau tinja kering, keras dan kecil.

susu pertumbuhan terbaik untuk anak 2 tahun
susu pertumbuhan terbaik untuk anak 2 tahun

Serta diikuti nyeri pada perut, maka ini bisa diindikasikan sebagai gejala konstipasi. Bunda tidak perlu panik, jika anak menunjukkan gejala tersebut, Bunda dapat mengikuti tips berikut ini:

1.Perubahan Pola Makan

Hal pertama yang perlu Bunda lakukan adalah melakukan perubahan pada pola makan Si Kecil. Perubahan pola makan Si Kecil bisa Bunda lakukan dengan memastikan jumlah makanan si Kecil cukup. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting adalah angka nilai gizi pada makanan tercukupi.

2. Memperbanyak Makanan Berserat

Bunda harus mengganti makanan Si Kecil dengan makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi terdapat pada buah misalnya pisang, pepaya dan sebagainya. Selain itu, Bunda juga penting untuk memberikan sayuran pada Si Kecil.

3. Memenuhi Asupan Cairan

Hal yang sangat penting bagi Bunda, yaitu memperhatikan asupan cairan pada Si Kecil. Pastikan Si Kecil cukup minum air. Selain itu, Bunda juga harus memberikan asupan susu pertumbuhan terbaik untuk anak 2 tahun. Di dalam susu terdapat nutrisi yang baik untuk kesehatan pencernaan pada si Kecil.

4. Membuat Jadwal Rutin Ke Toilet

Bunda harus mulai membuat dan menerapkan jadwal rutin Si Kecil Ke toilet. Cara ini terbukti efektif untuk merangsang Si Kecil BAB setiap hari.

Demikian 4 tips menangani konstipasi pada anak di bawah tiga tahun. Semoga bermanfaat!

Anda mungkin juga menyukai: