Berlian menjadi salah satu aksesoris penting pada cincin pernikahan mewah. Pasalnya berlian akan menegaskan kesan elegan dan juga mewah pada cincin yang akan Anda gunakan tersebut. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini ada banyak jenis dan juga kualitas berlian yang ada di pasaran.

Banyaknya berlian yang hadir di pasaran mungkin akan membuat Anda sedikit kesulitan untuk menemukan mana yang paling tepat untuk cincin nikah mewah Anda. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, pasalnya kami punya tipsnya untuk Anda.

cincin pernikahan mewah
cincin pernikahan mewah

1.  Perhatikan Keaslian Berlian

Keaslian berlian harus menjadi aspek penting pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli cincin berlian. Kenapa demikian? Karena keaslian berlian tidak hanya menjamin nilai investasi dari perhiasan yang Anda miliki. Keaslian berlian juga akan meningkatkan kecantikan penampilan Anda.

Berlian asli mampu memantulkan cahaya lebih baik. Itulah yang menjadi alasan kenapa berlian asli selalu tampak memukau dan menjadi sorotan banyak orang karena keindahan dan kilaunya.

Membedakan berlian asli dan palsu saat ini tergolong cukup mudah. Salah satu caranya yaitu bisa dengan meminta penjual untuk menunjukan keasliannya menggunakan alat bernama diamond selector.

2.  Menyeleksi dan Mempertimbangkan Kualitas Berlian

Sebagai informasi, berlian terdiri dari berbagai kualitas, mulai dari rendah, standar, dan tinggi. Harganya sesuai dengan kualitasnya. Namun, meskipun kualitasnya rendah, berlian tetaplah berlian yang punya nilai investasi dan indah.

Berlian kualitas rendah biasanya ditunjukan dengan warnanya yang kuning kusam. Selain itu, jika kita lihat dengan kaca pembesar, biasanya terdapat goresan yang membuatnya menjadi tidak sempurna.

Sedangkan untuk berlian berkualitas standar, biasanya cemerlang berwarna putih atau bening. Tidak ada goresan maupun tidak memiliki warna kuning yang kusam.

Nah, yang terakhir yaitu fancy diamond, yaitu berlian yang langkah. Berlian ini memiliki harga yang sangat tinggi sekali karena kelangkaan dan keindahannya. Fancy diamond adalah berlian yang memiliki warna. Adapun warna-warnanya yaitu seperti merah, kuning (bukan kuning kusam), biru, dan lainnya.

3.  Menanyakan Sertifikat Berlian

Jangan ragu untuk meminta sertifikat berlian kepada penjual. Sertifikat ini juga bisa menjadi salah satu tanda bukti bahwa berlian tersebut asli. Selain itu, sertifikat berlian juga memiliki informasi yang penting terkait berlian itu sendiri, mulai dari kualitasnya, jenisnya, hingga tempat di mana berlian tersebut ditemukan.

Sertifikat berlian umumnya dikeluarkan oleh lembaga resmi seperti GIA. Lembaga tersebut bisa membuktikan keasliannya dan juga detail informasi yang lebih lengkap karena sudah diteliti melalui laboratorium khusus.

4.  Memperhatikan Bentuk Berlian

Saat ini berlian hadir dengan berbagai macam jenis bentuk yang ada di pasaran. Bentuk-bentuknya pun bisa Anda sesuaikan sendiri dengan selera maupun karakter Anda masing-masing. Keindahan bentuknya disesuaikan dengan tingkat cutting yang sempurna oleh para pengrajinnya.

Bentuk berlian yang paling populer saat ini mulai dari round cut diamond, shape heart, princess cut, marquise cut, dan masih banyak lainnya. Jika Anda ingin memilih berlian dengan tingkat pemantulan cahaya yang sempurna, kami sarankan untuk memilih round cut diamond.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan tipe heart shape untuk jenis berlian yang lebih sempurna dengan bentuk hati yang cocok untuk proses pernikahan Anda. Silahkan pilih bentuk sendiri sesuai keinginan.

Itulah beberapa penilaian berlian yang tepat bagi yang saat ini berencana membeli cincin pernikahan mewah. Anda juga bisa langsung memesan di Mondial yang punya banyak koleksi perhiasan berkualitas terbaik, salah satunya Forevermark.

Anda mungkin juga menyukai: