Tips Membuka Usaha Peternakan

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Wirausaha merupakan salah pekerjaan yang saat ini sedang digembor-gemborkan. Hal tersebut karena sekarang ini pemerintah mengharapkan masyarakatnya agar bisa membuka lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu wirausaha menjadi salah satu cara yang tepat untuk hal itu. Pada zaman sekarang, banyak jalan untuk mebuka usaha sendiri asalkan memiliki keinginan dan niat yang tinggi. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan jika anda menginginkannya adalah usaha pertenakan. Entah itu peternakan ayam, sapi, kambing, ataupun yang lainnya. Untuk membuat uasaha peternakan sebenarnya tidaklah terlalu mahal asalkan kita dapat memahami seluk beluk usaha peternakan. Untuk membuka usaha tidak selalu biaya yang menjadi hal yang dikedepankan. Justru pengetahuan yang harus pertama dikuasai agar nanti usaha yang dijalankan bisa berjaln dengan baik.

Berikut beberapa tips dalam usaha ternak, antara lain:

  1. Tempat Berternak

Tempat kita menjalankan usaha merupakan hal yang penting diperhatikan apalagi usaha ternak. Cara yang baik membuka peternakan adalah jauh dari kampung. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terganggunya masyarakat sekitar karena bisnis yang anda jalankan. Peternakan merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan karena dari tahun ketahun permintaan akan kebutuhan daging semakin meningkatkan khususnya pada hari-hari besar. Beberapa provinsi di Indonesia memiliki lahan yang sangat luas dan mendukung untuk memajukan usaha peternakan ini. Salah satu contohnya adalah provinsi Kalimantan yang memiliki lahan kelapa sawit yang sangat luas sehingga dapat mendukung usaha peternakan khususnya ternak sapi. Limbah sawit dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yaitu mulai dari pelepah, bungkil, dan solid. Tidak hanya Kalimantan saja, masih banyak provinsi di Indonesia yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai tempat untuk memajukan usaha peternakan.

  1. Memilih Bibit Hewan Ternak

Perhatikan jenis hewan yang akan anda ternakan. Pastikan anakan atau bibit hewan pada usia produktif atau menjelang produktif. Jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua.

  1. Fasilitas Kandang

Usaha ternak yang baik tentu harus memperhatikan kebutuhan hewan ternaknya juga. Buatlah kandang yang baik dan sesuai dengan hewan ternak, dan pastikan fasilitas yang anda butuhkan lengkap.

  1. Perizinan Usaha

Hal ini merupakan syarat penting jika anda memulai dan membuka usaha. Sebelum menjalankan usaha, Anda harus memiliki izin terlebih dahulu. Sekarang ini, apabila Anda ingin mengurus perizinan usaha anda bisa mengunjungi BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal. Ada banyak perizinan yang bisa anda buat di BKPM.

Semua tips di atas, merupakan tips yang paling penting dalam usaha peternakan. Sebuah usaha tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya persiapan yang matang serta kinerja usaha tersebut yang baik. BKPM merupakan lembaga pemerintahan yang bisa Anda mintai bantuan. BKPM dan memberikan informasi mengenai bagaimana cara membuka usaha ternak atau yang lainnya. Selain itu, BKPM juga melayani pelayanan pembuatan perizinan, mulai dari SK, NPWP, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lengkap, kunjungilah websitenya di www. http://www.bkpm.go.id/.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply