Bingung memilih makanan pelengkap ASI untuk si kecil yang sudah berusia 6 bulan? Bubur tim bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, bubur yang diolah harus memiliki kandungan yang bagus dan bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Nah, berikut ini akan kami coba jelaskan beberapa tips bermanfaat agar Anda bisa mengolah sendiri bubur di rumah dengan kandungan gizi seimbang.

1.  Gunakan Sayur

Tim yang dibuat sebagai makanan pelengkap ASI sejatinya harus diolah menggunakan bahan-bahan terbaik. Salah satunya adalah sayuran. Ada banyak sayur yang bisa bunda coba. Mulai dari jenis sayur bayam, wortel, dan masih banyak lainnya.

Silahkan Anda coba variasikan sayuran yang akan digunakan. Tujuannya agar si kecil bisa mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan juga tidak mudah bosan dengan jenis sayur itu-itu saja.

Bubur tim

2.  Masukkan Protein Hewani

Untuk meningkatkan nafsu makan anak, Anda bisa melengkapinya dengan daging. Pelengkap yang satu ini masuk ke dalam jenis protein hewani yang juga penting untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Ikan dan hati ayam adalah dua pilihan yang tepat. Pasalnya, kedua bahan tersebut mudah diolah menjadi bubur. Selain itu, dua bahan tersebut juga bagus untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

3.  Tidak Menggunakan Penyedap atau Garam

Khusus untuk tim anak-anak yang masih berusia 6 bulan ke atas, sebaiknya Anda tidak memasukkan penyedap rasa, baik itu garam, maupun penyedap rasa lainnya. tujuannya agar bubur memiliki kualitas yang benar-benar bagus untuk anak-anak.

Beberapa bahan untuk tim biasanya sudah memiliki rasa alami. Contohnya seperti wortel dan jagung manis. Kedua bahan ini memiliki rasa alami yang nantinya disukai oleh anak-anak.

4.  Tingkat Kematangan Optimal

Pastikan Anda mengolah bubur dengan cara yang benar. Pastikan tingkat kematangannya optimal. Jangan terlalu lama mengolahnya agar kandungan dan gizi-gizi yang di dalamnya tidak rusak.

Selain itu, juga tidak boleh terlalu sebentar karena dapat menyebabkan tingkat kematangannya kurang optimal.

Itulah beberapa tips membuat bubur tim  yang harus diperhatikan oleh setiap orangtua. Bagaimana, mudah bukan? Anda bisa mengaplikasikan semua tips di atas untuk membuat bubur terbaik bagi si kecil.

Anda mungkin juga menyukai: