Adanya kelas karyawan di beberapa universitas atau institusi di Indonesia membuka kesempatan bagi mereka yang telah bekerja untuk bisa melanjutkan kuliah. Sesuai namanya, kelas karyawan sendiri merupakan kelas khusus untuk mereka yang telah bekerja sehingga jadwal kuliah disesuaikan dengan jam kerja karyawan. Pada umumnya, kelas karyawan memiliki jam kuliah pada malam hari atau akhir pekan. Jadi Anda yang ingin kerja sambil kuliah bisa menjalankan keduanya tanpa halangan waktu.

Meski jam kuliah bisa disesuaikan, namun kenyataannya menjalankan pekerjaan dan kuliah secara bersamaan tidaklah mudah. Apabila Anda tidak siap maka bisa saja Anda gagal di keduanya. Komitmen merupakan hal utama ketika Anda memutuskan untuk kerja dan kuliah. Setelah memiliki komitmen, Anda bisa mengikuti tips sukses berikut ini:

kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Buat Jadwal Harian

Hal paling penting ketika memutuskan kerja sambil kuliah adalah mampu membagi waktu antara pekerjaan dan juga tugas kuliah. Jangan sampai waktu kerja dan kuliah Anda tidak teratur sehingga membuat keduanya berantakan. Cara agar Anda bisa membagi waktu yaitu dengan membuat jadwal harian. Tuliskan apa saja hal yang akan dikerjakan besok, jadwal kuliah, serta deadline pekerjaan di kantor. Usahakan untuk konsisten mengikuti jadwal yang telah dibuat.

Kurangi Waktu Liburan atau Bermain

Bekerja dan juga kuliah akan menghabiskan banyak waktu di hidup Anda. Ketika orang lain bisa bersantai maka Anda harus mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan kantor. Agar tidak keteteran, Anda harus berani menolak ajakan bermain atau liburan dari teman. Berikan pengertian dengan baik-baik agar mereka bisa mengerti kesibukan Anda. Jangan sampai Anda menyesal karena pekerjaan tidak selesai akibat nongkrong atau bermain dengan teman.

Belajar Multitasking

Mengingat Anda tidak memiliki banyak waktu karena pekerjaan yang banyak, sebaiknya selalu kerjakan setiap hal secepat mungkin. Belajar untuk melakukan multitasking mungkin bisa Anda lakukan agar pekerjaan lebih cepat selesai. Selesaikan tugas kuliah di waktu luang, misalnya sebelum jam kuliah dimulai. Buat prioritas agar bisa mengerjakan tugas yang paling mendesak terlebih dahulu. Namun ingatlah, fokus bekerja saat berada di kantor agar Anda tidak dianggap menjadi karyawan yang tidak profesional.

Jangan Sungkan Minta Bantuan

Jangan sungkan minta bantuan teman ketika Anda tidak paham dengan perkuliahan atau pekerjaan. Meskipun mereka mau membantu secara sukarela, namun Anda tetap harus profesional. Jadi usahakan tidak terlalu menyusahkan rekan kerja maupun teman kuliah. Ketika sudah dijelaskan, maka selanjutnya Anda yang harus menyelesaikan tugas kuliah atau pekerjaan kantor tersebut.

Manfaatkan Waktu Luang untuk Refreshing

Bekerja dan kuliah membuat waktu Anda banyak tersita. Agar kesehatan tetap terjaga maka sesekali Anda juga butuh refreshing. Gunakan waktu luang untuk refreshing sehingga Anda kembali siap untuk bekerja maupun kuliah. Namun pastikan melakukan liburan ketika pekerjaan maupun tugas kuliah tidak sedang padat-padatnya.

Itulah berbagai tips yang bisa Anda ikuti agar sukses dalam dua hal yaitu kuliah dan kerja. Ketika memutuskan kerja sambil kuliah, maka Anda harus melakukan persiapan dengan baik, terutama dalam hal mental. Memang tidak mudah melakukannya, namun jika Anda memiliki komitmen tinggi serta tekad kuat maka segala hal bisa berjalan dengan lancar.

Untuk mendukung kesuksesan, Anda bisa memilih perguruan tinggi yang tepat yaitu IDS Digital College. Institusi pendidikan ilmu komputer ini telah memiliki banyak alumni yang sukses dalam karirnya. Dengan sistem pembelajaran dan kurikulum berstandar internasional, Anda akan mendapatkan bekal maupun pengalaman yang cukup untuk menghadapi persaingan bisnis maupun dunia kerja. Informasi lebih lengkap mengenai jurusan di IDS Digital College bisa Anda lihat di website ids.co.id.

Anda mungkin juga menyukai: