Menyiapkan hari pernikahan bagi setiap pasangan adalah hal yang boleh dikata cukup rumit, melelahkan dan bisa menimbulkan stress. Mulai dari hal yang paling kecil seperti memilih baju penganting hingga menyewa ruangan dan lainnya. Dan hal ini bisa berakibat buruk jika perencanaan terkesan asal asalan dan tidak memperhitungkan hal yang saling berkaitan.

Salah satunya adalah memilih cincin berlian wanita yang seyogyanya juga harus sepadan dengan cincin sang pria. Karena ikatan yang kuat dan saling setia itu justru terlihat dari bentuk cincin yang modelnya sama. Jika tidak, maka kesan kurang harmonis langsung dirasakan oleh kedua pasangan. Satu hal yang tak diinginkan terjadi bukan?


Bagaimana memilih cincin berlian untuk dijadikan sebagai cincin pernikahan namun tidak menghabiskan banyak anggaran?

1. Memperhatikan Critical Weight

Cincin berlian wanita yang nantinya akan dipakai sebaiknya dipilih berdasarkan karat serta potongannya. Biasanya, para penjual perhiasan akan mengetahui tentang hal tersebut karena sangat berkaitan dengan harga yang cukup jauh. Ya, perbedaan harga yang menjulang tinggi biasanya terjadi antara cincin dengan berlian utuh dan setengah potong. Artinya, lebih baik memilih cincin berlian dengan berat 0.95 karat dibandingkan dengan berat 1.00 karat.

2. Merencanakan Waktu Membeli Cincin

Memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk membeli cincin berlian wanita sangat mempengaruhi anggaran yang nantinya akan dikeluarkan. Biasanya, di September hingga November penjualan perhiasan cenderung sepi. Hal ini dikarenakan jauh sebelum bulan tersebut banyak pasangan yang sudah melakukan pertunangan dan membeli cincin pastinya. Atau sekitar mulai bulan Februari hingga akhir tahun.

3. Memilih Bentuk yang Berbeda

Hindari bentuk cincin berlian wanita yang cenderung bulat atau round brilliant. Pasalnya, cincin dengan bentuk ini paling diminati oleh banyak pasangan. Ditambah lagi kadar carat, clarity serta color nya yang sama membuat harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan bentuk lain.

Selain itu, tidak sedikit produsen perhiasan yang merasa kesulitan membentuk cincin round daripada bentuk lainnya. Artinya, Anda harus memilih bentuk lain pastinya guna mendapat harga yang tidak terlalu mahal.

Kategori: Bisnis