Kartu kredit memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Bahkan Anda tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana sehingga keamanan juga terjamin. Diskon, voucher, dan berbagai hadiah juga siap untuk menanti Anda ketika aktif menggunakan kartu kredit. Dengan kemudahannya tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai apply kartu kredit. Namun harus diiringi dengan penggunaan yang lebih bijak. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa menggunakan kartu kredit dengan lebih bijak. Semakin bijak Anda menggunakannya, semakin kecil juga cicilan Anda. 

Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak?

apply kartu kredit
apply kartu kredit

Jika ingin menggunakan kartu kredit dengan bijak, Anda harus teliti dalam segala hal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Hindari Penarikan Tunai

Kartu kredit memang bisa digunakan untuk menarik uang tunai juga, tapi pastikan untuk tidak menggunakannya. Ada bunga sekitar 4% sampai 5% yang akan dikenakan jika Anda menarik uang tunai melalui kartu kredit.

Pilih Sesuai Keperluan

Hal yang tidak kalah penting berikutnya adalah memilih kartu kredit sesuai dengan keperluan. Saat ini sudah banyak fasilitas dan keunggulan kartu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda lebih menyukai belanja secara online, memilih kartu kredit yang tepat akan memberikan keuntungan. Anda juga bisa menggunakannya dengan lebih bijak.

Jangan Gunakan Terlalu Banyak Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit dalam jumlah lebih dari satu sebenarnya tidak masalah. Tapi ingat, tagihan yang Anda bayarkan juga akan lebih besar. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, misalnya iuran setiap tahunnya, bunga, biaya untuk keterlambatan, dan masih banyak lagi.

Jika memang pendapatan Anda berlimpah, mungkin hal ini sah sah saja. Tapi jika Anda ingin berhemat dan lebih teratur dalam mengontrol keuangan, maka gunakan saja kartu kredit sesuai dengan kebutuhan.

Menutup yang Tidak Dibutuhkan

Lebih baik Anda juga menutup kartu kredit yang sudah tidak diperlukan lagi. Sebab tidak ada gunanya untuk terus membayar tagihan padahal Anda tidak menggunakannya lagi.

Menutup kartu kredit juga harus mengikuti beberapa prosedur. Anda harus mengikuti berbagai langkah yang diminta oleh bank penerbit. Selain itu, pastikan juga bahwa biaya atau tagihan apapun sudah terlunasi dengan baik.

Gunakan Sesuai Kemampuan

Pada dasarnya kartu kredit berfungsi sebagai alat pembayaran. Bukan alat untuk menumpuk utang. Jadi, jangan pernah menumpuk barang-barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan. hal itu hanya akan membuat pengeluaran Anda lebih banyak.

Belilah barang atau lakukanlah transaksi karena memang Anda memerlukannya. Dengan begitu, pengeluaran akan lebih terkontrol dan Anda bisa membayar tagihan sesuai dengan kemampuan.

Mengecek Tagihan

Ketika Anda menerima tagihan untuk membayar kartu kredit, jangan lupa untuk mengeceknya secara teliti. Pastikan tidak ada dana atau biaya yang keluar tanpa sepengetahuan Anda. Sebab, di luar sana banyak yang menyalahgunakan kartu kredit.

Setelah mendapatkan tagihan, usahakan untuk membayar sebelum tanggal jatuh tempo. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari keterlambatan dan pembayaran bisa dilakukan dengan lancar.

Itu dia beberapa tips menggunakan kartu kredit yang bisa Anda terapkan. Jika Anda tertarik untuk apply kartu kredit, Bank Sinarmas merupakan solusi yang paling tepat. Ada banyak fitur dan keuntungan yang bisa Anda nikmati jika mendaftar sekarang juga.

Anda mungkin juga menyukai: