Setiap ibu hamil pasti mengharapkan janin yang dikandungnya sehat dan selamat sampai proses persalinan nanti. Bagaimana pertumbuhan janin di kandungan? Adakah tahapan yang tidak sempurna? Hal ini pasti pernah muncul dalam pikiran Bunda. Bidan Sela, bidan di Bandung, dapat memberikan informasi lebih detail tentang segala pertanyaan yang Bunda berikan tersebut.

Bunda mesti mengetahui, berbagai masalah perkembangan janin bisa di pantau sejak awal, melalui pemeriksaan sebelum dan saat kehamilan. Hal-hal berikut ini yang perlu Bunda perhatikan selama kehamilan.

1. Kram

Saat hamil kadang bunda bisa merasakan kram di sekitar perut. Kram dapat berasal dari uterus/ rahim yang berkontraksi. Jika ini terjadi segeralah beristirahat, lakukan bed rest. Jika kram makin meluas dan nyeri makin terasa, bahkan disertai darah dari vagina. Segeralah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Kram yang terus-menerus merupakan tanda awal keguguran.

2. Denyut Jantung Janin

Suara jantung janin mulai terdengar pada usia kehamilan 9-10 minggu. Jika suara terdengar lemah haruslah waspada, karena janin sedang mengalami gangguan aliran darah. Segeralah konsultasi dengan dokter.

3. Gerakkan Janin Berhenti

Gerakkan Janin mulai terasa bersamaan dengan munculnya denyut jantung. Jika gerakan Janin melemah atau berhenti, berarti ada kegawatan pada janin. Segeralah mendatangi sarana kesehatan, dokter kandungan ataupun tenaga bidan untuk tindakan lebih lanjut.

4. Pertumbuhan Janin Kurang

Pertumbuhan janin di dalam kandungan, bisa dilihat dari kenaikan berat badan Bunda, pembesaran rahim, dan USG. Jika pertumbuhannya kurang mungkin karena ada gangguan pada plasenta, atau karena asupan nutrisi ibu hamil kurang. Semua itu hari segera ditangani agar pertumbuhan janin membaik.

5. Demam

Demam merupakan sebuah tanda adanya infeksi. Jika. Bunda mengalami demam saat hamil, jangan anggap enteng. Karena ada beberapa jenis virus atau kuman yang bisa membahayakan kehamilan. Segeralah periksakan jika muncul demam. Penangan yang tepat akan mencegah berkembangnya penyakit kepada janin.

Waspada selama kehamilan tidak harus membuat Bunda stress. Nikmati proses kehamilan. Pemeriksaan kehamilan secara rutin adalah hal mendasar yang harus dilakukan, untuk memantau perkembangannya. Selain itu perhatikan juga asupan gizi, jangan sampai kurang ya, Bunda.

Anda mungkin juga menyukai: