Stimulasi Supaya Bayi Merangkak

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
tahap perkembangan anak

tahap perkembangan anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak sangatlah diperhatikan oleh orang tuanya, terlebih oleh seorang ibu. Beda sedikit saja dengan pertumbuhan dan perkembangan  anak yang lain, pasti hal itu bisa selalu terpikirkan. Sebaliknya, apabila anak kita sedikit saja memiliki keunggulan dengan teman sebayanya, perasaan bangga dan senang pasti menyelumuti hati seorang ibu. Pertumbuhan dan perkembangan yang sangat signifikan perbedaannya yaitu pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada masa bayi sampai anak berusia 3 tahun. Pada usia ini, tahap perkembangan anak sangtlah pesat. Beda bulan beda juga kemampuan dan perkembangannya. Misalnya saja terjadi pada bayi yang masih berusia dengan hitungan bulan, kemampuannya setiap bulan pastilah berbeda yang tak jarang membuat haru dan takjub orang tuanya,terutama pasangan suami istri yang baru dikaruniai anak. Begitupun terjadi pada anak kecil yang baru berusia di bawah tiga tahun. Pada masa ini kemampuan verbalnya sedang mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Orang tua terutama seorang ibu sering kaget ketika anak bisa menyebutkan sebuah kata yang di luar perkiraan. Misalnya seorang anak berusia 3 tahun, tiba-tiba menyebutkan kata “stres”. Pastilah hal itu mengundang kelucuan dan keajaiban tersendiri.

Namun, tak jarang ada orang tua yang merasa bangga apabila bayinya memiliki perkembangan yang jauh lebih cepat karena ada tahapan perkembangan  anak yang terlewati. Misal, seorang anak yang langsung belajar berdiri tanpa mengalami masa merangkak terlebih dahulu. Padahal, hal itu bukanlah perkembangan yang bagus karena akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya. Berikut adalah cara menstimulasi bayi (berusia 7-10 bulan) supaya bisa merangkak.

  • Berilah contoh merangkak oleh orang-orang di sekitarnya seperti oleh ayah,ibu, atau kakaknya
  • Perhatikan posisi duduknya, kalau belum seimbang jangan terburu-buru menyuruhnya merangkak
  • Perhatikan keseimbangan tangannya, kalau belum seimbang jangan paksakan
  • Hindari penggunaan baby wlker karena akan menyebabkan bayi malas untuk merangkak dan lebih nyaman duduk manis di baby walker tersebut.
  • Beri stimulus di depannya dengan menyimpan mainan, makanan, atau benda-benda lain yang menarik perhatiannya.

Hal itulah yang dapat anda lakukan jika mendapati anak yang belum bisa merangkak padahal sudah waktunya sehingga semua tahap perkembangan anak terlewati dengan baik.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply