Kognisi adalah kemampuan otak yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan rasional manusia. Beberapa hal yang mencakup kemampuan ini yaitu pemahaman, pengetahuan, analisis, penerapan, serta penilaian.

Dengan kemampuan kognisi yang baik, si Kecil akan mampu mengolah informasi, bereaksi pada suatu peristiwa, serta memecahkan permasalahan yang dihadapi. Mam bisa membantu mengembangkan kemampuan ini dengan memberikan stimulasi yang tepat. Ada 5 aspek yang perlu diberikan stimulasi agar anak cerdas di antaranya yaitu:

Bahasa

Kemampuan bahasa penting untuk si Kecil berkomunikasi dengan orang lain. Ada dua kemampuan yang harus dikembangkan yaitu kemampuan reseptif dan kemampuan ekspresif. Beberapa stimulasi yang bisa Mam berikan yaitu berkomunikasi dengan si Kecil, mengenalkan macam-macam emosi, hindari memberi gadget, belajar kosakata baru dengan flash card, dan lain-lain.

Atensi

Atensi atau perhatian penting karena berhubungan dengan konsentrasi si Kecil. Ada beberapa stimulasi yang bisa Mam berikan untuk meningkatkan atensi si Kecil seperti berkomunikasi sejajar dengan si Kecil, membacakan cerita, memberikan mainan puzzle, dan lain-lain.

agar anak cerdas
agar anak cerdas

Kemampuan Memecahkan Masalah

Kemampuan memecahkan masalah perlu diajarkan pada si Kecil sejak dini. Mam bisa memberikan stimulasi yang tepat agar si Kecil terbiasa berpikir konkrete. Beberapa stimulasi tersebut yaitu mengajari si Kecil memasukkan mainan ke lubang yang sesuai, memberi solusi pada masalah si Kecil, dan lain-lain.

Memori

Kemampuan memori bisa dikatakan sebagai kemampuan mengingat. Mam bisa membantu meningkatkan kemampuan memori si Kecil yang terbatas dengan belajar bercerita, bermain kartu, mengurutkan benda yang diacak, dan lain sebagainya.

Psikomotorik

Kemampuan ini adalah kemampuan yang berhubungan dengan tindakan si Kecil setelah mempelajari sesuatu. Stimulasinya bisa berupa mengajak si Kecil menggambar, merapikan mainan ke wadah, bermain susun balok, dan lain-lain.

Itulah stimulasi yang bisa Mam berikan pada si Kecil untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitifnya. Stimulasi-stimulasi tersebut memang menjadi salah satu cara agar anak cerdas dan memiliki kemampuan otak yang baik.

Selain memberikan stimulasi, Mam juga bisa melengkapi pemberian makanan bergizi dengan susu pertumbuhan Wyeth Nutrition yang terdiri dari dua tahapan yaitu S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD.

Anda mungkin juga menyukai: