Sop Ceker Ayam Sederhana

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kita mengetahui bahwa hampir semua bagian dari ayam bisa kita pergunakan mulai dari daging, kepala, serta bulunya pun bisa kita manfaatkan unutk kebutuhan sehari-hari. Namun sekarang kita akan membahas atau memanfaatkan bagian yang paling bawah dari ayam yaitu kaki ayam alias ceker ayam. Pada umumnya resep masakan sehari hari yang kita jumpai, sop biasanya menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya, kali ini kita akan memberikan resep sop yang mana bahan dasarnya adalah ceker ayam. Mungkin sop ceker ayam kalah populer dengan sop ayam, sop ikan atau sop daging, tetapi kalau mesalah rasa, citarasa sop  ini tidak akan kalah lezat dibandingkan dengan resep lainnya. Rasanya enak, gurih dan lebih kental dibandingkan dengan menggunakan bahan dasar lainya seperti ayam, daging dan paha ayam. Selain itu, sop ceker ayam ini mengandung vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Bahan utama adalah ceker ayam kurang lebih sebanyak 7-10  pcs. Bersihkan ceker ayam tersebut dengan bersih dan pastikan kuku dan kulit arinya dibuang, wortel segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2-3 batang. Cuci sampai bersih lalu kupas kulitnya dan iris-iris sesuai selera. Seledri yang segar kurang lebih 1-3 pcs cuci sampai bersi lalu potong kecil-kecil, kentang ukuran sedang kurang lebih 2 pcs, kupas kulitnya lalu potong berdadu-dadu, buah tomat ukuran sedang sebanyak 1 butir, cuci bersih lalu iris sesuai selera. Bawang merah dan bawang putih kurang lebih masing-masing 4 siwung, minyak goreng untuk memasak bumbu,air bersih kira-kira 300 gram, garam dapur secukupnya, gula putih secukupnya atau bisa dengan setengah sendok saja, bawang merah goreng untuk bahan taburan sayur sopnya.

Adapun cara membuat sop ceker sederhana ini cukup mudah langkah pertama masak dan rebus ceker ayam sampai empuk, lalu ambil sebagian air rebusan untuk membuat kaldunya; sambil menunggu haluskan bawang putih dan bawang merah beri garam dapur secukupnya; lalu siapkan penggorengan dengan api sedang lalu beri minyak secukupnya untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukan bumbu halusnya lalu aduk masak sampai tercium aroma yang harum; masukan potongan kentang, wortel aduk-aduk sampai  semua bahan tercampur merata, lalu masukan potongan buah tomat dan ceker aduk-aduk kembali, setelah itu masukan seledri dan daun bawang beri garam beryodium secukupnya serta gula kalau diperlukan  aduk- aduk setelah itu masak sampai semua bahan matang. Cicipi, angkat dan sajikan di mangkok hidangan taburkan bawang goreng yang sudah dimasak diatasnya.Itulah cara membuat sop ceker sederhana yang mana bisa dimanfaatkan sebagai referensi untuk resep masakan sehari hari untuk keluarga tercinta anda terimakasih.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply