Ribuan tahun berlian sudah menjadi simbol aksesoris perhiasan yang mewah dan elegan. Di lain sisi, batu mulia ini sudah diaplikasikan ke dalam berbagai macam jenis perhiasan, sebut saja salah satunya seperti cincin berlian asli. Apa sebenarnya rahasia di balik keindahannya ini?

Nah, di artikel ini, kami akan coba mengupas secara detail terkait rahasia keindahannya. Contohnya seperti cincin berlian solitaire yang mampu mengoptimalkan keindahan dan kecantikan berlian.

Kisah Fenomenal Tentang Berlian

Berlian merupakan mineral yang tersusun dari karbon murni. Artinya berlian juga merupakan jenis batu permata yang paling populer. Mineral ini memiliki tingkat kekerasan yang tergolong ekstrim.

Tingkat kekerasan, kecemerlangan, dan kilau dari mineral indah ini mampu membuatnya tak tertandingi sebagai permata. Dalam ranah simbolisme batu permata, atau berlian ini juga dapat melambangkan cinta yang teguh dan menjadi salah satu batu kelahiran di bulan April.

Ukuran yang digunakan untuk berat berlian adalah carat atau karat. 1 karat berlian = 200 milligram. Penilaiannya pun dikategorikan ke dalam poin, untuk 1 poin = 0,01 carat. Ukuran tersebut bisa Anda jadikan patokan untuk penilaian beratnya.

Cincin Berlian Asli

Bagaimana Berlian Ditemukan dan Terbentuk?

Berlian adalah mineral yang ditemukan dalam tiga jenis endapan sebagai berikut:

  • Kerikil aluvial
  • Lapisan glasial
  • Pipa kimberlite

Menurut ahli geologi, berlian yang ada di hampir seluruh tambang terbentuk di dalam mantel bumi. Biasanya berlian terdapat di dalam kedalaman 40 km hingga 3.000 km di bawah permukaan bumi. Lalu kemudian mineral yang menjadi berlian ini  akan didorong ke permukaan oleh letusan gunung berapi.

Proses erupsi yang kami jelaskan di atas kemudian dapat menghasilkan pipa kimberlite dan lamproite yang paling sering dicari oleh para pencari atau penambang berlian. 

Berlian sendiri merupakan batu permata yang terbentuk lebih dari 3 miliar tahun yang lalu dari dalam kerak bumi. Artinya, proses pembentukannya alami dan sangat lama sekali.

Warna dan Jenis Berlian

Umumnya berlian asli yang digunakan pada perhiasan memiliki karakter warna yang transparan, dan juga tembus cahaya. Meski begitu, ada juga beberapa berlian asli dengan kilau cahaya yang berwarna biru. Namun hal ini sangat jarang sekali.

Nah, di lain sisi ada juga jenis-jenis berlian yang memiliki warna indah dan colorful. Jenis berlian tersebut merupakan tipe fancy diamond yang jauh lebih unik dan langka. Warna-warnanya pun beragam mulai dari pink, kuning, biru, dan masih banyak lainnya.

Di lain sisi, karena keunikan dan kelangkaannya, jenis berlian yang satu ini pun memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis berlian lain pada umumnya.

Sementara jenis atau bentuknya sendiri tergolong banyak. Jenis-jenisnya mulai dari round cut diamond, pearl cut, marquise cut, princess cut, dan masih banyak lainnya. Silahkan sesuaikan saja bentuknya sesuai selera dan kebutuhan masing-masing.

Rekomendasi Cincin Berlian Terbaik

Sedang mencari kriteria cincin berlian yang terbukti keaslian dan kualitasnya? Mondial bisa menjadi salah satu pilihan yang paling cocok untuk Anda. Karena, brand perhiasan tersebut memiliki banyak sekali koleksi cincin yang begitu menawan.

Ada banyak sekali pilihan jenis berlian, kualitas, dan bahkan Anda bisa memesan cincin custom untuk pernikahan maupun tunangan di sini. Kualitas dan keasliannya benar-benar terjamin.

Itulah informasi seputar rahasia keindahan cincin berlian asli. Bagaimana, sudah tahu bagaimana berlian tersebut terbentuk hingga menjadi batu permata yang begitu indah? Itulah yang menjadikan berlian memiliki nilai investasi sekaligus nilai investasi.

Anda mungkin juga menyukai: