Pendidikan merupakan hal sangat penting untuk dilalui, karena dapat memberi pengaruh di masa depan. perkuliahan merupakan salah satu jenjang pendidikan yang akan berorientasi mengenai masa depan yang ingin dicapai.

Untuk itu ketika memasuki jenjang kuliah sebaiknya Anda memperhitungkan program studi yang akan Anda ambil. Kuliah design memiliki peluang yang besar untuk masa depan. salah satu program studi yang bisa diambil adalah program studi Digital Design grafis.

Program studi ini mengajarkan  keterampilan kreasi desain digital yang tidak hanya memiliki kualitas estetika, tetapi juga mengandung nilai bisnis. Dilengkapi dengan kurikulum User Interface dan User Experience Design (UI/UX), mahasiswa digital design IDS diajarkan agar mampu mengintegrasikan pola pikir aplikasi digital terkini.

Program ini memperlengkapi Anda dengan pengetahuan dasar desain, proses design dan aspek teknis dalam penuangan ide ke dalam berbagai wadah. Anda akan dibimbing untuk mengerjakan project dengan berbagai genre desain, pentingnya memvisualisasikan pesan, membangun hubungan dengan audiens dan menciptakan pengalaman yang berkesan melalui desain.

Kuliah design
Kuliah design

Ada beberapa potensi karir dengan mengambil program studi digital design diantaranya:

  • Art Director

Art director merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas tampilan visual secara keseluruhan di berbagai media seperti majalah, Koran, kemasan, film bahkan produksi televisi. Dialah yang membuat keseluruhan desain untuk membuat sebuah proyek serta memberi arahan kepada tim yang ikut bekerjasama dalam membuat layout atau artwork.

  • Web Designer

Web designer atau perancang web adalah profesi yang dijalankan untuk membuat desain sebuah website. Desain tersebut nantinya bisa dibuka dan dinikmati pada sebuah layar monitor baik melalui computer, handphone, ataupun tablet.

Web designer tidak hanya memperhatikan keindahan, tetapi juga berupaya menentukan posisi tombol navigator, memilih informasi untuk dimasukkan ke dalam halaman, dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar tercipta situs yang mudah dibaca oleh pengunjung dan membuat pengunjung ingin berkunjung kembali.

  • Graphic designer

Graphic designer merupakan sebuah pekerjaan menciptakan ilustrasi,tipografi, atau grafis motion baik untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik. Seorang graphic designer bertanggung jawab mewujudkan komunikasi verbal menjadi komunikasi visual agar semua pesan dapat mudah diterima oleh konsumen.

Graphic designer tidak hanya bisa berkarir di media, tetapi bisa juga di berbagai dunia industri terutama industri jasa (telekomunikasi, periklanan, fotografi, pendidikan. Konstruksi, teknologi informasi) maupun industri manufaktur (tekstil, garmen, mode, otomotif, dan elektronik).

  • Digital campaign strategist

Digital campaign strategis adalah seseorang yang bertugas untuk memikirkan dan mengkonsep ide campaign marketing di ranah digital secara keseluruhan.#

  • UI/ UX Designer

User Interface (UI) designer tidak bisa dipisahkan dengan User Experience (UX) Designer. Ui Designer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi atau situ sebuah perusahaan.

Sedangkan UX designer menentukan bagaimana suatu aplikasi atau situs sebuah perusahaan bisa beroperasi dengan mudah. Tetapi dalam pekerjaan keduanya harus berlandaskan pada hasil riset, supaya aplikasi atau situs yang dirancang benar- benar efektif.

Masih banyak lagi jenjang karir yang bisa diraih dengan kuliah desain, diantaranya Retail designer, package designer, publication design, motion graphic designer, dan branding and identity designer.

Semua prospek karir tersebut merupakan sebuah karir yang dapat menjanjikan untuk masa depan Anda yang lebih baik. Anda dapat kuliah design di IDS Education, yang merupakan tempat perkuliahan desain terbaik untuk masa depan yang lebih cemerlang.

Anda mungkin juga menyukai: