Perkembangan Janin Dalam Kandungan Sesuai Tahapan Usia Per Minggunya

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

perkembangan janin dalam kandungan

Bagi pasangan suami istri terutama yang baru menikah, mendambakan kehadiran seorang anak menjadi momen yang paling di tunggu, apalagi saat mengetahui masa kehamilan pada pasangannya, tentu menjadi saat – saat yang membahagiakan dalam kehidupan rumah tangga. Setiap tahapan perkembangan janin dalam kandungan menjadi momen – momen yang tak pernah terlewatkan untuk diketahui, demi menjaga tumbuh kembang janin dengan baik hingga terjaga kesehatan dan perkembangan otak serta organ lainnya tumbuh sempurna. Berbagai perawatan dan penjagaan akan dilakukan, meskipun harus dilakukan dengan intens dan cukup melelahkan, namun saat hasil yang didapatkan yaitu lahirnya seorang bayi, maka dapat menghangatkan keluarga dan mengubah dunia rumah tangga menjadi lebih bermakna.

Tahapan perkembangan janin dalam kandungan diawali dengan pertemuan 2 sel dari orangtuanya, di mana pertemuan tersebut menjadi awal terbentuknya sel – sel lain yang kompleks dan pada akhirnya dapat tumbuh dan berkembang sesuai tahapan perkembangan janin pada usia kehamilan. Bagi anda yang belum mengetahui dan masih penasaran mengenai tahapan tumbuh kembang janin dalam kandungan, berikut kami paparkan hanya untuk anda.

Tahapan minggu ke dua pada umur kehamilan 2 minggu, masa ovulasi atau keluarnya sel telur Ibu ke dalam kandungan dibuahi dengan sel sperma dari Ayahnya merupakan pertemuan yang mengawali perkembangan janin. Setelah dibuahi, maka sel telur akan menjadi bakal janin, lalu menempelkan atau mengimplantasikan dirinya ke dinding rahim.

Tahapan minggu ke tiga pada umur kehamilan 3 minggu, terjadi terbentuknya hormon kehamilan dari bakal janin, bakal janin yang telah aman berada pada dinding rahim mulai melepaskan hormon kehamilan yang membuat saat melakukan tes kehamilan akan memperlihatkan hasil yang positif.

Minggu ke empat dan kelima, anda akan mengalami terlambat menstruasi yang pada umumnya menjadi salah satu gejala utama kehamilan, hingga minggu ke lima, tahapan perkembangan janin membentuk sistem pembuluh darah dan jantung mulai berdetak.

Minggu ke enam dan ke tujuh, mulailah terbentuk hidung, mulut dan telinga pada wajah, serta mulai terbentuk saluran pencernaan dan paru – paru. Terakhir, sel janin akan membentuk tangan dan kaki yang mungil dan lucu, janin yang sedang tumbuh tersebut berukuran sebesar buah blueberry.

Tahapan minggu ke delapan dan sembilan, janin yang ada di dalam kandungan sudah mulai bisa bergerak, meskipun anda belum dapat merasakan adanya pergerakan dalam kandungan. Pada minggu ke 8 sistem saraf sudah mulai terbentuk, diikuti oleh perkembangan saluran pernafasan yang menghubungkan tenggorokan dengan paru – paru. Selain itu organ pada janin pun sudah mulai bekerja pada tahapan usia kehamilan ini, ukuran janin pun berkembang lebih besar dari sebelumnya.

Minggu ke 10 hingga 12, kulit pada janin berwarna transparan, kaki dan tangan mulai dapat menekuk dan mulai dilengkapi dengan kuku, bahkan anggota tubuh janin pun sudah terbentuk hampir lengkap pada usia kehamilan 10 minggu. Aktivitas janin dalam kandungan lebih aktif, janin sudah dapat menendang, bergerak bahkan cegukan. lebih dari itu jari tangan sudah dapat membuka dan menutup, jemari kaki dapat menekuk dan mulut akan bergerak seperti sedang menghisap sesuatu, Pada usia ini, anda pun akan tersadar bahwa ada pergerakan pada kandungan anda.

Minggu ke 13, menandakan akhir trimester awal kehamilan anda, saat ini janin memiliki sidik jari dan sistem pembuluh darah yang sempurna. Perkembangan janin dari minggu ke minggu selanjutnya sangatlah luar biasa hingga minggu kelahirannya akan tiba, untuk itu tetap jaga dan rawat kandungan anda hingga janin telah pada tahapan dilahirkan kedunia.

Bunda, tentu selain menjaga dan merawat janin agar tumbuh dan berkembang dengan baik, anda pun perlu melakukan persiapan pra melahirkan yang salah satunya menyiapkan keperluan si kecil saat lahir nanti. Baby starter kit dari JOHNSON’S yang di dalamnya sudah termasuk JOHNSON’S baby powder, JOHNSON’S 2in1 top-to-toe baby wash dan juga JOHNSON’S baby oil serta keperluan lainnya dapat anda persiapkan sembari mengetahui perkembangan janin dalam kandungan.  

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply