Perbandingan Tarif Internet Murah di Indonesia dengan Negara Lain

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Isu mengenai tarif internet atau paket data bagi pelanggan telepon seluler pun tengah muncul ke permukaan. Ada dua kubu yang terbentuk karena adanya isu ini, ada sebagian yang menganggap tarif internet di Indonesia ini terlalu mahal, dan sebagian menganggap tarif internet murah sudah tersedia serta dapat memuaskan pelanggan.

Mahal atau tidaknya tarif internet sebenarnya relatif, apalagi bila dilihat dari sudut pandang seorang analis saham yang memantau perkembangan kinerja suatu perusahaan telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia. Salah satu analis saham dari MNC Securities bernama Victoria Venny menilai, bahwa Indonesia masih terbilang menyajikan tarif internet murah bila dibandingkan dengan negara-negara lain yang ada di dunia, karena mereka sudah mematok harga tinggi untuk tarif dasar internet.

tarif internet murah

Berdasarkan pemaparannya, Victoria mengambil contoh satu perusahaan telekomunikasi di India yang menjual paket internetnya di angka Rp.200.000 hingga Rp.300.000. Sedangkan provider besar lainnya seperti ATT dan T-Mobile, rata-rata paket internet yang mereka jual antara Rp.900.000 hingga Rp.1.000.000.

Berbeda halnya dengan Singtel yang rata-rata harga internetnya berkisar antara Rp.300.000 hingga Rp.600.000, sedangkan di Indonesia paket internet yang ditawarkan oleh provider dibanderol antara Rp.30.000 hingga Rp.50.000, bisa dibilang bahwa tarif internet murah sudah tersedia di negara ini.

Victoria menyatakan, bahwa negara-negara selain Indonesia itu mematok harga paket internet yang terbilang mahal karena kualitas dan jangkauan yang diberikan pun lebih baik ketimbang paket internet yang ditawarkan oleh provider yang ada di Indonesia. Dengan kisaran harga tersebut, para provider di negara lain dapat menjaga kualitas dan jangkauannya yang lebih luas.

Menurut Victoria, seharusnya BRTI dapat mengatur tarif internet sehingga kualitas dan jangkauan layanan provider telekomunikasi dapat selalu terjaga dengan baik dan stabil. Selain itu, pengaturan harga oleh regulator dinilai sangat penting agar para provider telekomunikasi itu tidak melakukan perang harga yang malah menyesatkan konsumen dan bisa dipastikan kinerja keuangan emiten telekomunikasi pun akan terganggu. Victoria menilai, jika perang harga paket internet terus dilakukan oleh provider, pendapatannya tidak akan mungkin dapat mencukupi seluruh beban usahanya.

Sehingga nanti yang akan dikorbankan adalah kualitas dan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini pun juga berimbas pada pembangunan atau coverage provider dari satu wilayah yang berbeda. Sehingga sangat wajar jika tarif Indosat, XL, maupun Axis jauh lebih murah ketimbang Telkomsel yang menjadi salah satu agen pembangunan pemerintah. Ini yang menyebabkan mengapa biaya produksi Telkomsel berbeda dengan provider lainnya.

Semoga dengan adanya informasi terkait tarif internet murah ini dapat menambah wawasan Anda dalam memilih provider yang tepat untuk memenuhi kebutuhan komunikasi harian Anda.


 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply