Setiap orang memiliki trik tersendiri untuk menunjang karir yang dimilikinya. Meski begitu beragam, namun pastikan jika trik tersebut sehat dan tidak merugikan orang lain. Prinsip naik jabatan tanpa menjatuhkan perlu dipegang dalam bekerja. Jika tidak tentu anda sendiri tidak ingin dijatuhkan oleh orang lain. Dan ini terjadi juga dalam kursus film.

Perlu penunjang karir yang positif. Sehingga saat menduduki karir tersebut anda bisa amanah dan bertanggung jawab dalam menjalankan. Dan hasil yang di dapat dari pekerjaan bisa maksimal. Berikut merupakan cara untuk menunjang karir bagi mereka yang berada di dunia perfilman.

1. Kursus film

Tempat kursus untuk mempelajari dunia perfilman kini sudah cukup mudah ditemukan di Indonesia. Baik yang menggunakan metode belajar online maupun offline. Salah satunya adalah IDS education. Sekolah ini memiliki kurikulum tersendiri untuk meningkatkan kepahaman pesertanya akan dunia perfilman secara lebih runtut dengan tenaga pendidik profesional.

Kursus ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan akan dunia perfilman secara teoritis dan teknis. Jika anda tidak menginginkan kursus, anda bisa belajar secara otodidak. Walaupun perlu kerja keras yang lebih untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat tersebut. 

kursus film

Namun usaha yang pantang menyerah dan terus belajar sangat penting untuk berkarya di industri film tanah air. Mengingat tidak semua film dirilis pasti sukses. Perlu konsep dan persiapan yang matang untuk hasil maksimal. 

2. Koneksi

Koneksi sangat penting dalam dunia kerja termasuk koneksi dalam mendapatkan karir di dunia perfilman tanah air. Untuk itu, sangat penting untuk terus menambah teman di sekeliling kita. Pastikan juga jika teman tersebut tidak bersifat toxic. Peran teman di sini adalah untuk memberikan informasi bahwa ada lowongan di suatu perusahaan perfilman.

Dan mereka berani menjamin kita dapat memberikan kontribusi pada perusahaan tersebut karena telah paham dengan karakter kita. Bukan relasi yang berani memasukkan ke industri film namun ada imbalan uang sejumlah tertentu. Karena hal tersebut merupakan bagian dari KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) yang harus dihindari setiap orang.

3. Disiplin

Sikap disiplin diperlukan di manapun. Baik dalam kehidupan sehari-hari, beribadah, dan dunia kerja. Dengan disiplin orang akan berusaha menyelesaikan tugas dengan sangat baik. Di dalam industri film disiplin sangat diperlukan agar proyek film yang dibuat dapat selesai tepat pada target yang ditentukan. 

Sehingga hal tersebut juga dapat mengamankan biaya produksi. Dan memberi kesempatan kepada bagian pemasaran untuk mengenalkan film tersebut kepada masyarakat luas. Dan sikap ini juga yang membuat orang lain akan suka dengan anda. Dan anda memiliki kesempatan peningkatan karir berdasarkan kemampuan dan kebiasaan baik anda.

4. Memanfaatkan kesempatan dengan baik

Ketika kita beruntung, akan ada kesempatan istimewa untuk membantu tujuan anda. Jangan abaikan kesempatan tersebut. Manfaatkan sebaik mungkin dengan berusaha mencoba memasukinya dengan baik. Seperti kesempatan magang atau kesempatan promosi karir. Namun lakukan itu dengan setulus hati, bukan semata karena mengincar jabatan.

Karena awal atau niat yang baik akan berkesempatan mendapatkan timbal balik yang baik juga. Dan hal ini menjadi langkah awal dan tumpuan kedepannya dalam karir yang dijalani. 

Pastikan cara anda meningkatkan karir dalam industri film tidak merugikan orang lain. Seperti memperbanyak belajar atau kursus film. Tidak ada salahnya untuk bersaing dengan orang lain, namun tetap pastikan jika itu tidak curang. Karena cara curang dapat membahayakan diri anda sendiri.

Anda mungkin juga menyukai: