Pentingnya Orang Tua untuk Memperhatikan Jajanan Anak Zaman Now

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Saat ini jajanan anak sudah semakin beragam dan berbeda – beda baik dari bentuk, rasa dan juga warnanya. Namun, tahukah anda kalau tidak semua jajanan yang ditawarkan oleh para pedagang tersebut tidak sepenuhnya menyehatkan bagi anak – anak. Atau bahkan jajanan anak zaman now tersebut malah bisa berakibat buruk bagi kesehatan si kecil. Maka dari itu, peranan orang tua sangat dibutuhkan sekali dalam hal yang satu ini. Jajanan anak yang tidak sehat ternyata bisa kita lihat langsung ciri – cirinya seperti yang berikut ini:

1 . Warna Jajanan Yang Tampak Mencolok

Biasanya kandungan zat pewarna kimia yang digunakan pada jajanan anak memang sangat berbahaya sekali untuk makanan maupun berbagai jenis minuman. Itulah sebabnya kandungan zat pewarna yang terbuat dari bahan kimia tidak layak sekali untuk digunakan dalam pembuatan berbagai macam jenis jajanan anak. Anda harus lebih mewaspadai jajanan dengan warna yang tampak mencolok ketika si kecil berencana untuk membeli jajanan tersebut. Anak-anak sendiri biasanya sangat mudah sekali tertarik pada jajanan yang memiliki penampilan warnanya yang tampak menggugah selera. Hal tersebut lah yang biasanya dapat membuat sebagian penjual jajanan tersebut lebih memilih penggunaan zat pewarna kimia yang harganya lebih murah.

2 . Rasa Jajanan Yang Terlalu Tajam

Selain memiliki kandungan zat pewarna, zat aditif yang berbentuk aneka jenis perasa sintetis yang biasa sering ditambahkan pada jajanan anak ternyata tidak baik untuk kesehatan. Variasi rasa yang dimilikinya sangat beragam dan juga mudah sekali menggugah selera si kecil. Penggunaan zat perasa sintetis tersebut ternyata dapat menimbulkan cita rasa yang sangat tajam sekali dan tidak alami pada makanan maupun minuman. Contohnya, penggunaan zat pemanis sintetis dapat disertai dengan sensasi rasa pahit pada lidah si kecil. Jika makanan atau minuman tersebut dikonsumsi secara terus-menerus, zat perasa sintetis tersebut nantinya dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada sejumlah organ tubuh si kecil yang berbahaya bagi kesehatannya.

3 . Penyajian Makanan Yang Kurang Higienis

Faktor penyajian jajanan anak zaman now pun perlu anda pertimbangkan. Karena makanan yang diolah dengan cara yang kurang higienis juga dapat mempengaruhi kualitas kesehatan si kecil. Biasanya jajanan yang kurang sehat tersebut pada nantinya akan disajikan seadanya dengan menggunakan kemasan berupa lembaran koran saja atau bisa juga dengan menggunakan kertas bekas. Maka dari itu, perhatikanlah cara penyajiannya sebelum si kecil membelinya.

Itulah 3 poin penting yang perlu anda ketahui dalam memilih jajanan si kecil. Saat ini ada banyak sekali jajanan – jajanan yang ditawarkan oleh setiap pedagang untuk anak – anak. Setiap ibu rumah tangga pun sebenarnya bisa juga mengatisipasinya dengan cara memberi mereka bekal makanan sendiri dari rumah yang jauh lebih sehat.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply