Pentingnya Melakukan Senam Otak Untuk Semua Kalangan

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, maka anda harus menanamkan berbagai hal baik kepada buah hati, termasuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah namun memberikan manfaat luar biasa adalah senam. Saat ini, senam tidak hanya dilakukan untuk kebugaran tubuh, namun ada juga jenis senam untuk meningkatkan kerja otak, yang disebut senam otak (Brain gym). Brain gym merupakan rangkaian gerakan yang berbasis pada tubuh yang bermanfaat menjaga kesehatan otak. Dalam tubuh kita, otak berfungsi sebagai pengendali organ-organ tubuh dan otak selalu berhubungan dengan intelegensia atau tingkat kecerdasan seseorang. Bagi buah hati, brain gym bisa sangat membantu melatih konsentrasi, memudahkan dalam menerima pelajaran, meningkatkan daya ingat,  berfikir lebih cepat, dan lain-lain.

Dari segi fungsinya, otak terbagi menjadi dua bagian yaitu belahan kiri dan kanan. Keduanya seolah memiliki tiga dimensi yang fungsinya saling berhubungan. Otak kiri memiliki fungsi memecahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, dan menjadi pusat matematika. Sedangkan otak kanan merupakan pusat pengendali kemampuan bersosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain, dan pengendalian emosi.

Otak kanan juga bertanggung jawab atas kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, berbagai ekspresi tubuh seperti menari, menyanyi, dan melukis. Dengan melakukan senam otak bersama buah hati secara rutin, maka si kecil  akan semakin terbiasa dengan berbagai gerakan yang di awalnya akan terasa sulit, namun sangat baik untuk meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi semua dimensi otak buah hati.

Adapun berbagai manfaat dari senam otak yang sangat baik bagi buah hati seperti menyeimbangkan kemampuan belahan otak kanan dan otak kiri, semakin meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, membuat otot-otot menjadi semakin rileks, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan manajemen waktu seseorang, menangani trauma setelah terjadi kecelakaan atau peristiwa bencana alam. Bagi orang tua, brain gym dapat membantu mencegah penurunan daya ingat (pikun), dan menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri.

Dalam melakukan brain gym, anda bisa meluangkan waktu bersama buah hati sekitar 10-15 menit dalam sekali latihan dengan porsi 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply