Pentingnya Asupan Vitamin D Pada Anak

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pada masa pertumbuhan, asupan nutrisi pada anak haruslah benar-benar diperhatikan agar tumbuh kembang anak dapat berjalan secara optimal. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak dalam masa pertumbuhannya adalah vitamin D. Vitamin D mempunyai banyak sekali manfaat bagi tumbuh kembang si kecil salah satunya dapat membantu penyerapan kalsium untuk membentuk tulang serta gigi yang kuat. Maka dari itu, anak harus mendapatkan asupan vitamin D yang cukup setiap harinya. Asupan vitamin D pada anak tentunya akan berbeda-beda, ini tergantung pada usia anak tersebut. Untuk anak usia dibawah 12 bulan, anak memerlukan vitamin D sebanyak 400 IU atau 10 mcg perharinya. Sedangkan anak yang berusia 12 bulan keatas, membutuhkan vitamin D sebanyak 600 IU atau 15 mcg per harinya.

 

Setelah mengetahui pentingnya asupan vitamin D untuk menunjang tumbuh kembang anak, sebaiknya para orang tua memastikan anaknya untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Karena jika anak kekurangan vitamin D, akan berdampak negatif pada tubuhnya. Diantaranya dapat menyebabkan kejang dan gangguan pada otot jantung, rakhitis, serta masalah pertumbuhan pada anak. Maka dari itu, pentingnya para orang tua untuk menyediakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin D. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D terbaik diantaranya salmon, yogurt yang diperkaya vitamin D, jus jeruk yang diperkaya vitamin D,  susu yang diperkaya vitamin D, tuna kaleng, kuning telur, makarel, keju swiss dan margarin yang diperkaya vitamin D.  Selain dari asupan makanan, anak juga bisa mendapatkan vitamin D secara alami yaitu melalui sinar matahari. Agar mendapatkan vitamin D dari matahari secara maksimal, anda bisa mengajak si kecil untuk berjemur dibawah sinar matahari langsung selama 15-20 menit. Namun untuk menghindari panas matahari yang terlalu terik, sebaiknya berjemur di pagi hari paling tidak sebelum jam 9 pagi.
Kini anda sudah mengetahui, bahwa asupan vitamin D pada anak sangatlah penting. Dengan memastikan anak tercukupi akan vitamin D tiap harinya, diharapkan tumbuh kembang anak dapat berjalan secara optimal. Semoga bermanfaat!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply