Pangaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Anak

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mendidik anak termasuk pola asuh anak menjadi peranan penting yang harus dilakukan oleh siapa saja yang ada kaitan atau ikatan dengan anak, baik lingkungan keluarga termasuk lingkungan sekitar. Perkembangan dan pertumbuhan anak memang harus didukung oleh semua pihak, sehingga jangan sampai ada anak yang terlantar, terdiskriminasi bahkan terintimidasi.

Oleh karena itu, semua anak berhak mendapatkan beberapa peran penting seperti ASI, makan, pola asuh, hingga mendidik sampai  perkembangan dan pertumbuhan anak harus benar – benar dirasakan semakin membaik.

Pola asuh yang baik dan kurang baik  sebelumnya telah dijelaskan yang mana di dalamnya mempunyai beberapa perbedaan dari caranya seperti pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif dan lain sebagainya.dari semua pola asuh tersebut tentunya akan memberikan beberapa pengaruh bagi kehdiupan anak diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. “Pola asuh demokratis” tentunya akan menghasilkan karakteristik anak yang mandiri, dapat mengontrol diri, mempunyai hubungan baik dengan teman, mampu menghadapi stress di segala bidang, serta mempunyai minat terhadap hal-hal baru, dan koperatif terhadap orang lain sehingga mudah bergaul. Cara pola asuh anak ini adalah cara mengasuh yang benar dan sangat baik seperti yang sudah ditulis di artikel sebelumnya.
  2. Selanjutnya adalah “Pola asuh otoriter” tentunya akan menghasilkan karakteristik anak yang penakut, pendiam, tertutup, tidak berinisiatif, gemar menentang, suka melanggar norma, berkepribadian lemah, cemas dan menarik diri, pemalu dan tidak percaya diri untuk mencoba hal yang baru bahkan tidak pernah bereksplorasi. Oleh karena itu, hindari penerapan pola asuh yang seperti ini karena akan berdampak pada kriteria mental dan karakteristik anak. berikan anak susu dancow agar cepat kembang dengan oprtimal serta mampu bereksplorasi dan berinovasi, mampu bergaul serta siap menjadi pesaing dalam menemukan ide baru termasuk belajar.
  3. Dan yang terakhior adalah “Pola asuh permisif” yang mana metode pengasuhan yang diterapkan ini akan berpengaruh dan berdampak pada menghasilkan karakteristik nak yang impulsive, agresif, tidak patuh, manja, kurang mandiri, mau menang sendiri, kurang percaya diri, dan kurang matang secara sosial.

Itulah pengaruh pola asuh anak yang diberikan orang tuanya., yang mana dari ketiga pola suh anak terebut salah satu pola asuh yang baik adalah “pola asuh demokrastis”.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply