Indonesia memiliki banyak daerah yang terkenal akan masakannya yang enak dan lezat, namun setiap daerah tentunya memiliki makanan yang enak serta khas. Bahkan beberapa makanan hasil laut pun yang sudah pasti memiliki kandungan nustrisi tinggi bisa diolah dengan sangat enak dan lezat. Menu masakan sehat sudah biasa diolah oleh masyarakat Indonesia, bahkan mereka memasak makanan untuk teman makan nasi dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti olahan ikan laut.

Nah bagi anda pecinta masakan seafood, maka anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah resep membuat masakan ikan teri dengan bumbu balado. Masakan tersebut bisa lebih special jika anda sendiri yang membuatnya, adapun caranya yaitu :

Menu Masakan Sehat
Menu Masakan Sehat

Pertama sediakan bahan terlebih dahulu seperti :

  • 400 gram ikan teri segar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah cabe merah
  • 1 lembar daun salam
  • Asam jawa
  • Garam, gula serta penyedap rasa
  • 1 butir lengkuas yang telah dipipihkan

Kemudian cara membuatnya yaitu :

  1. Panaskan terlebih dahulu minyak goreng, kemudian masukan ikan teri dan tumis hingga warnanya berubah lalu tiriskan.
  2. Kemudian buat bumbunya dengan cara menghaluskan bawang merah, bawang putih, gula, cabai, dan juga garam
  3. Tumis bumbu yang teah dihasluskan tersebut, lalu masukan daun salam, asam jawa, dan juga lengkuas. Aduk hingga merata dan adonan menjadi kental.
  4. Setelah mengental, maka masukan ikan teri yang telah diriskan tadi lalu aduk hingga benar-benar merata. Dan dikira sudah cukup maka angkat dan hidangkan.

Menu masakan sehat ikan teri balado ini akan sangat nikmat jika dihidangkan dan dikonsumsi dengan nasi putih yang masih hangat. Selain itu, ikan teri ini sangat baik untuk dikonsumsi, karena mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, protein, posfor, vitamin A, B dan juga C, serta omega 3. Nutrisi tersebut sangatlah baik untuk tubuh, bahkan sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Nah anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk sajian keluarga.