Konstipasi atau dikenal dengan sebutan sembelit yang merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami sebuah penurunan frekuensi dalam buang air besar atau BAB, serta juga terdapat beberapa perubahan konsistensi sebuah feses yang biasanya lunak menjadi keras serta padat dan juga berukuran besar. Ada cukup banyak memang penyebab konstipasi pada bayi yang baru lahir atau berumur dibawah 1 tahun.

Memang dalam hal ini konstipasi menjadi sebuah masalah kesehatan yang cukup sering terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa.  Untuk anak-anak sendiri konstipasi merupakan sebuah salah satu masalah yang cukup sering terjadi terlebih pada bayi yang memang kita tahu bahwa dalam saluran pencernaan bayi memang masih belum sempurna. 

penyebab konstipasi pada bayi
Penyebab konstipasi pada bayi

Dan selanjutnya ada beberapa uraian terkait penyebab konstipasi pada bayi, pada dasarnya konstipasi biasanya terjadi ketika proses feses bergerak cukup lambat saat melalui saluran pencernaan serta hal tersebut dibarengi dengan feses yang terasa kering dan juga keras. Dan untuk itu orang tua di rumah perlu mengetahui bahwa ada beberapa penyebab konstipasi pada bayi yang perlu diketahui, diantaranya sebagai berikut:

  • Kekurangan Cairan

Dehidrasi atau kurangnya asupan cairan yang terdapat pada tubuh ternyata juga bisa membuat feses menjadi kering. Nah hal tersebut yang menjadi penyebab feses sulit keluar dari saluran pencernaan. Terdapat beberapa hal yang maman membuat bayi sulit menerima makan dan juga minuman seperti sakit pada bagian tubuh seperti mulut, perut dan lain sebagainya. 

  • Baru diperkenalkannya makanan padat 

Bayi yang dalam tahap pengenalan makanan padat bisa menjadi penyebab kondisi konstipasi pada bayi. Hal tersebut biasanya sering terjadi karena sistem pencernaan pada bayi belum terbiasa dengan makanan yang awalnya cair menjadi padat. 

  • Kondisi medis tertentu

Terdapat dalam beberapa kasus yang menyebutkan bahwa penyebab konstipasi pada bayi terjadi karena terdapat kondisi medis tertentu pada bayi. Seperti adanya penyakit celiac serta kadar kalsium terlalu tinggi dalam darah dan selain itu pula juga penyakit seperti hipotiroid serta adanya kelainan pada bayi. 

Dan untuk mendukung asupan nutrisi pada bayi orang tua bisa memberikan susu Lactogrow yang diperkaya berbagai nutrisi, mineral dan vitamin untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi dan juga sistem pencernaannya.

Anda mungkin juga menyukai: