Menyusun rencana keuangan sejak muda harus dilakukan dengan tepat agar Anda bisa menikmati masa tua dengan lebih sejahtera. Hal ini memungkinkan Anda harus memahami apa itu deposito dengan lebih baik agar bisa melakukan perencanaan investasi secara tepat.

Deposito merupakan salah satu bentuk investasi berjangka yang bisa diandalkan untuk mempersiapkan masa mendatang. Bukan tanpa alasan, deposito memiliki risiko yang minim namun bisa memberikan keuntungan yang besar.

Apa Itu Deposito Online?

apa itu deposito
apa itu deposito

Deposito online merupakan produk yang ditawarkan oleh Bank Sinarmas untuk membantu para nasabah menyimpan dana dalam kurun waktu tertentu. Berbeda dengan deposito konvensional biasa, jenis deposito ini jauh lebih fleksibel dan efisien. 

Anda tidak perlu mendatangi kantor cabang untuk melakukan pembukaan deposito. Minimal penempatan dana juga cukup rendah, yaitu 500 ribu saja. Nasabah bisa membuka deposito kapan saja melalui sistem online. Sistem pencairannya pun sangat mudah. 

Proses pembukaan deposito online bisa dilakukan pada aplikasi SimobiPlus yang bisa diakses melalui perangkat ponsel. Anda bisa langsung menentukan sendiri jumlah deposito, jangka waktu penempatan hingga pilihan metode perpanjangan yang diinginkan. 

Anda hanya perlu memastikan bahwa pada rekening telah tersedia dana yang cukup untuk membuka deposito. Setelah mengisi formulir pembukaan deposito, nasabah harus melakukan konfirmasi dengan memasukkan EasyPin. Secara otomatis dana rekening akan terpotong dan dipindahkan ke deposito.

Keuntungan Memiliki Deposito Online Bank Sinarmas

Produk deposito memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan tabungan biasa. Dengan begitu nasabah bisa secara lebih optimal dalam menghimpun dana. Simak beberapa keuntungannya sebagai berikut.

  1. Suku bunga tinggi

Suku bunga yang ditawarkan untuk produk deposito online cukup tinggi yaitu hingga 5% p.a. Dengan begitu Anda bisa tetap merasakan keuntungan dari penempatan dana yang rendah. 

Semakin lama jangka waktu penempatan yang dipilih, tentu akan semakin besar juga bunga yang didapatkan. Suku bunga ditentukan dari besarnya nilai penempatan dan jangka waktunya.

  1. Lebih menguntungkan

Memiliki deposito online Bank Sinarmas tentu lebih menguntungkan. Disamping mendapatkan suku bunga yang tinggi, Anda juga bisa lebih mudah untuk membuat perencanaan dana sesuai keinginan. 

Dengan begitu target dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisa tercapai tepat waktu. Produk ini juga memudahkan Anda untuk menyimpan dana untuk jangka waktu lama.

  1. Proses pencairan mudah

Proses pembukaan dan pencairan deposito dapat dilakukan dengan mudah, yaitu melalui aplikasi SimobiPlus. Aplikasi ini bisa Anda akses melalui ponsel Android maupun iOS. 

Proses pencairan akan dilakukan secara otomatis sesuai dengan jatuh tempo yang tertera, sesuai dengan jangka waktu penempatan yang dipilih oleh nasabah. Namun jika mendesak, nasabah juga bisa mencairkan deposito sebelum jangka waktu berakhir. 

Hanya saja tidak bisa mendapatkan suku bunga yang berjalan. Dana deposito akan otomatis dicairkan ke rekening sumber.

  1. Efisien dan praktis

Deposito online ini memberikan sistem penghimpunan dana yang lebih praktis dan efisien. Daripada hanya menyimpan uang di tabungan, Anda bisa membuka deposito untuk menikmati suku bunganya. 

Semakin lama penempatan dana deposito yang dilakukan tentu akan semakin besar juga bunga yang bisa didapatkan.

  1. Pilihan penempatan deposito beragam

Produk deposito ini memiliki beberapa sistem perpanjangan yang bisa dipilih oleh nasabah. Ada ARO, ARO PI dan non ARO. 

ARO PI adalah sistem perpanjangan deposito secara otomatis, artinya suku bunga akan ditambahkan ke dalam dana awal penempatan deposito untuk kemudian disimpan kembali. 

Sedangkan ARO, bunga deposito yang didapatkan akan dicairkan ke rekening sumber dan proses perpanjangan deposito menggunakan jumlah dana yang sudah ditempatkan sejak awal. 

Untuk non ARO, nilai deposito akan dicairkan bersama dengan bunganya sesuai dengan jangka waktu yang dipilih tanpa adanya perpanjangan. Saat tanggal jatuh tempo, dana deposito dan bunga akan otomatis dicairkan ke rekening sumber.

Memahami apa itu deposito, bisa memudahkan Anda untuk memilih produk investasi yang tepat. Hal ini mampu mendukung perencanaan dana Anda di masa mendatang agar dapat mencapai target yang sesuai.

Anda mungkin juga menyukai: