Banyak para ibu yang masih merasa khawatir apakah saat menyajikan makanan sehat sudah sesuai dengan porsi anak atau belum. Ya, hal ini sangatlah wajar karena cukup banyak yang bingung menentukan takaran yang tepat apalagi jika anak sudah masuk sekolah. Mengapa? Karena sangat banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan makan si kecil mulai dari aktivitas yang dilakukan, kemudian apakah masuk dalam program menaikkan berat badan, jenis kelamin serta ada tidaknya masalah medis.

Yang pasti, dalam menyiapkan menu makanan sehat bagi anak memang harus mempertimbangkan kebiasaan sehari hari agar nutrisi yang diperlukan bisa terpenuhi. Misalnya saja, gizi yang dibutuhkan oleh anak yang sudah masuk sekolah akan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang masih balita. Daya serap yang cukup tinggi sangatlah diperlukan mengingat pelajaran demi pelajaran harus mereka terima setiap hari.

Makanan Sehat
Makanan Sehat

Untuk itu, menyiapkan menu seimbang serta bergizi tinggi sangat diharuskan terlebih dalam mendukung aktivitas fisiknya. Bunda bisa memadukan antara karbohidrat, buah dan sayur, protein baik itu berasal dari nabati maupun hewani dan vitamin serta mineral.

Selain itu, faktor lain yang tak kalah penting adalah mengetahui kandungan gizi yang dikonsumsi setiap hari, Artinya begini, jika bunda menyiapkan dua menu yang berbeda maka bisa saja memiliki kadar yang tidak sama baik itu mineral, vitamin, kalori serta serat. Meski demikian, bukan berarti pula bunda harus mengukur atau menghitung satu per satu nilai gizi tersebut.

Salah satu pola pengasuhan yang benar terutama dalam hal karakter adalah membantu mereka untuk mengenal apa yang menjadi kebutuhannya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajarkan atau mengenalkan rasa lapar sejak dini. Bahkan, cara mudah untuk mengetahui porsi yang tepat adalah dengan melihat asupan nya sehari hari apakah sudah merasa kenyang atau masih ingin menambah porsi makan.

Secara garis besarnya, dalam menyajikan makanan sehat dan bergizi maka pastikan sudah ada karbohidrat, lauk berupa protein nabati maupun hewani dan sisanya adalah buah dan sayur. Jika bunda menerapkannya setiap hari maka segala masalah kesehatan bagi anak akan mudah terhindarkan seperti kegemukan dan masalah medis lainnya.

Anda mungkin juga menyukai: