Ketahui Penyebab Secara Umum Anak Terlambat Bicara

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
anak terlambat bicara

anak terlambat bicara

Memiliki sangat buah hati merupakan dambaan setiap pasangan suami isteri. Karena dengan adanya buah hati di tengah keduanya, dapat memberikan sumber kehidupan, kebahagiaan hingga harapan baru. Bagaimana tidak? Karena anak merupakan generasi penerus baik penerus dalam keluarga maupun bangsa dan agama. Oleh karenanya, bagi anda yang kini telah dikaruniai momongan, maka bersyukurlah. Karena di luar sana masih banyak yang tengah menanti dan mendambakannya namun belum Allah berikan. Berbicara mengenai anak, sering kali kita temukan masalah yang terjadi pada mereka. Yang mana hal tersebut sedikit banyaknya membuat para orang tua cemas, dan kebingungan dalam mencari solusi untuk mengatasinya. Sebagai contoh, yakni saat anak terlambat bicara. Di saat teman di sekelilingnya telah mampu mengucap kosa kata dengan baik, sedangkan si kecil masih kesulitan dan bahkan tertinggal jauh.

Untuk membantu dalam menemukan solusi yang tepat, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu faktor umum yang dapat menyebabkan anak terlambat bicara. Adapun penyebabnya keterlambatan berbicara pada anak biasanya terjadi karena hal-hal berikut ini:

  1. Besar kemungkinan anak yang mengalami terlambat dalam berbicara, terdapat gangguan pada fungsi pendengaran. Sehingga anak akan kesulitan untuk meniru setiap kata yang seharusnya dia dengar dari sekelilingnya. Tidak hanya meniru, bahkan memahami dan menggunakan kata.
  2. Selain dari gangguan pada fungsi pendengaran, masalah yang satu ini dapat pula terjadi karena adanya gangguan atau hambatan perkembangan pada otak. Sebagaimana kita ketahui, otak merupakan organ yang berperan penting dalam mengontrol fungsi organ tubuh lainnya, termasuk berbicara.
  3. Apabila dalam keluarga memiliki riwayat penyakit atau masalah yang sama, maka dalam hal ini ternyata keturunan cukup memberikan pengaruh. Sehingga anak yang mengalami keterlambatan berbicara, ternyata terdapat salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat gangguan yang sama.
  4. Pada masa kanak-kanak, mereka akan lebih mudah untuk meniru. Meniru setiap apa yang mereka saksikan, dengarkan dan rasakan dari sekelilingnya. Begitu pula kaitannya dengan berbicara. Kurangnya komunikasi dalam keluarga ternyata dapat menyebabkan anak terlambat bicara.
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply