Ketahui Macam-macam Diare Pada Anak

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sebagai orang tua, anda akan merasa khawatir apabila anak anda terkena masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak adalah diare. Diare merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada pencernaan, gejala yang ditimbulkan adalah sering mengalami buang air besar lebih dari 3 kali selama 24 jam dan disertai fases yang encer. Jika ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan cairan tubuh berkurang.

Dengan begitu, jika anak anda terserang diare segeralah memberikan obat diare pada anak. Hal yang harus diperhatikan adalah pastikan obat tersebut aman dikonsumsi oleh anak-anak, karena rata-rata obat diare yang berada di pasaran khusus untuk dewasa. Atau anda bisa membuat obat diare secara alami yang bisa anda buat sendiri di rumah. Namun sebelum itu, anda juga harus mengetahui macam-macam diare pada anak. Berikut kami akan memberikan informasinya untuk anda.

  • Diare akibat virus

Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan diare pada anak, salah satunya adalah influenza perut. Virus yang satu ini akan melekat pada sel-sel mulkosa usus yang mana dapat menurunkan kapasitas obsorpsi dan juga mengganggu proses sekreasi air dan elektrolit. Diare yang disebabkan oleh virus biasanya akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan menghilangnya virus tersebut yaitu sekitar 3-4 hari.

  • Diare akibat penyakit

Beberapa jenis penyakit juga dapat menyebabkan diare pada anak, seperti p.Crohn, Culitis ulcerosa, Irritable Bowel Syndrome (IBS), kanker colon dan infeksi HIV. Selain itu, penyebab anak mengalami diare disebabkan karena beberapa gangguan seperti alergi makanan atau minuman tertentu, alergi protein susu sapi dan gluten dan masih banyak lagi.

  • Diare akibat keracunan makanan

Sekarang, banyak sekali kasus yang terjadi pada anak-anak yang mengalami keracunan makanan yang menyebabkan anak terkena diare serta muntah-muntah. Keracunan makanan sendiri diartikan sebagai penyakit yang bersifat infeksi yang disebabkan menkonsumsi makanan yang tercemar, seperti makanan yang kurang bersih ataupun sudah terinfeksi berbagai bakteri. Bakteri tersebut diantaranya E.coli, Bacillus cereus, Salmonella dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa macam diare yang wajib anda ketahui. Dengan begitu, anda bisa melakukan penanganan terhadap diare dengan tepat. Semoga bermanfaat!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply