Pada masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Pada tahapan ini semua anak akan belajar menguasai keahlian dan an-nur jakan beberapa macam aktivitas tertentu. Oleh karena itu perlu memperhatikan betul berbagai macam tahapan perkembangan si kecil salah satunya adalah perkembangan kognitif.

Perkembangan kognitif merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh seorang anak untuk memahami sesuatu dan dibagi menjadi 4 tahapan. Tahap perkembangan ini sangat penting diketahui oleh semua Mam sehingga bisa memantau dan memastikan buah hatinya tumbuh dengan baik dan sehat.

Tahap perkembangan kognitif pertama yang perlu diketahui adalah tahap sensorimotorik ketika bayi berusia 0 sampai 24 bulan. Bagi pada dasarnya memiliki reflek bawaan dan dorongan untuk mengeksplorasi dunia sendiri. Oleh karena itu pada saat tersebut kemampuan baik terbatas pada gerak refleks Panca inderanya seperti berkedip, menangis kau tertawa dan beberapa macam tahapan sensori motorik lainnya.

Tahap perkembangan

Tahap berikutnya adalah tahap praoperasional saat anak menginjak berusia 2 sampai 7 tahun. Pada usia tersebut anak-anak mulai bisa menerima rangsangan meskipun masih sangat terbatas. Mereka sudah bisa masuk ke dalam lingkungan sosial dan berinteraksi dengan teman-temannya. Pada tahapan ini anak mulai bisa menggunakan Sisi emosional mereka meskipun masih jarang dan logika yang kurang memadai pada tahapan ini Sisi egosentris mereka juga masih tergolong dominan sehingga melihat sesuatu masih tetap dari sudut pandang diri sendiri bukan dari sudut pandang yang lebih luas.

Tahap perkembangan kognitif selanjutnya adalah tahap operasional konkret ketika anak berusia 7 Hingga 11 tahun. Pada usia ini seorang anak bisa melakukan pengurutan atau klasifikasi terhadap situasi maupun objek tertentu. Kemampuan berpikir secara logis maupun mengingat mereka akan terus berkembang semakin pesat.

Anak-anak akan lebih memahami konsep sebab akibat secara rasional dan lebih sistematis sehingga mereka lebih mudah untuk belajar membaca maupun berhitung. Pada tahapan ini sifat egosentris akan mulai sedikit berkurang dan menghilang secara perlahan dan lambat laun pola pikir dewasa akan tertanam kan dalam pikirannya.

Berikutnya adalah tahap operasional formal ketika anak berumur 11 tahun keatas S pada usia tersebut anak-anak akan berpikir secara abstrak dan menguasai penawaran. Ia akan memenuhi konsep yang bersifat Mat mereka juga bisa membedakan mana hal baik dan buruk dan memiliki kepribadian serta karakternya sendiri.

Anda mungkin juga menyukai: