Sebagai orang tua, tentu anda menginginkan dan sangat berharap bahwa kemudian anda dapat memiliki anak keturunan yang memiliki akhlak yang baik, atau dalam istilah lainnya yakni akhlakul karimah.

Namun, sayangnya si kecil tidak akan dengan begitu saja dapat memiliki akhlak terpuji apabila tidak diberikan pendidikan yang tepat oleh kedua orang tuanya. Walaupun pada dasarnya jauh sebelum bayi terlahir ke dunia, roh mereka telah tertanam spiritual yang tinggi, yakni mengakui keesaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

kecerdasan spiritual

kecerdasan spiritual

Setelah terlahir, orang tuanyalah yang memilik peranan dalam menjadikan si kecil untuk berakhlak baik atau sebaliknya. Oleh karenanya, penting untuk para orang tua mengetahui cara dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Sehingga kemudian si kecil memiliki sejumlah karakteristik dan SQ itu sendiri.

Tahukah anda, bahwa setelah spiritual tertanam pada diri anak. Maka setelah dirinya dewasa nanti, ia akan tumbuh dengan kepribadian yang baik. Ia akan melakukan berbagai hal dengan menggunakan pandangan sisi positif dari dalam dirinya.

Sekalipun yang terjadi adalah hal negative, namun ia akan tetap berusaha untuk mencari kebaikan daripadanya. Karenanya tak heran, orang yang memiliki SQ yang tinggi, akan lebih bijaksana. Terdapat beberapa karakeristis lainnya dari SQ, yakni sebagai berikut:

  1. Memiliki hati yang lembut dalam memandang setiap lingkungannya. Misalnya, melihat daerah A terkena musibah, maka ia akan berusaha untuk memberikan bantuan yang mampu dilakukan olehnya. Atau bahkan, melihat anak jalanan yang hidup tanpa aturan dengan rasa iba, dan syukur bahwa dirinya terlahir menjadi orang yang beruntung.
  2. Memiliki kerendahan hati, sehingga ketika bertemu dengan orang kaya dan miskin. Ia akan memperlakukan keduanya dengan sama dan adil. Tetap menghormati keduanya, tetap sopan dan tidak menunjukkan kelebihan diri sendiri dengan rasa angkuh.
  3. Ketika ditimpa ujian atau berbagai hal yang merasa menyakitkan dan menyedihkan, ia akan berusaha untuk mencari solusi dan berusaha untuk tetap optimis. Lebih dari itu, dirinya akan memandang ujian sebagai salah satu bentuk kasih sayang Allah.

Selain dari 3 karakteristik di atas, masih banyak lagi karakteristik kecerdasan spiritual lainnya.

Kategori: Umum