Kadin Indonesia dorong pengusaha muda untuk selalu inovatif dan berani berekspansi agar mendapatkan kemudahan dalam pengembangan usaha dan siap bersaing.

Pengusaha muda dalam era 4.0 ini harus memiliki inovasi dan berani melakukan ekspansi. Dua kata kunci ini adalah hal yang sering disebut oleh Kadin Indonesia dalam setiap kesempatan. Hal itu ditujukan agar timbul banyaknya inisiatif dari para pengusaha muda untuk segera mengejar ketertinggalan dengan negara lain.

Inovasi dan Ekspansi dalam Bidang Teknologi 4.0 Menurut Kadin

Inovasi dan ekspansi yang dimaksud adalah bagaimana caranya para pengusaha muda mampu mensinergikan segala peluang lewat hadirnya teknologi. Lewat inovasi dan ekspansi ini nantinya setiap pengusaha muda akan lebih mudah dalam mendapatkan pendanaan, akses pasar lebih luas, dan juga dalam bidang marketing.

1. Kemudahan dalam Akses Pasar

Dalam agenda revolusi teknologi 4.0 untuk sekarang ini teknologi digunakan dalam segala bidang kehidupan, termasuk juga dalam dunia usaha. Banyaknya marketplace yang dapat dengan mudah diikuti oleh para pengusaha muda akan memberikan peluang pasar yang besar. Marketplace ini dibentuk dengan tujuan mempertemukan semua bidang usaha dengan konsumen.

Semakin hari, semakin banyak pengusaha yang memilih marketplace dalam memasarkan produknya. Bahkan untuk perkembangan lebih jauh lagi, setiap pengusaha mempunyai marketplacenya sendiri dengan membuat website perusahaan secara mandiri. Hal itu menunjukkan inovasi yang semakin baik dari para pengusaha.

Dengan pilihan strategi seperti itu, setiap pengusaha berpeluang untuk mendapatkan pasar yang lebih besar. Tidak lagi dibatasi oleh marketplace tertentu, bahkan konsumen yang bisa masuk ke dalam website perusahaan tersebut bisa dari semua kalangan, tanpa harus terdaftar di dalam marketplace.

Perkembangan selanjutnya dari adanya inovasi tersebut adalah terbentuknya blockchain yang sekarang ini telah disusun oleh Kadin dengan pemerintah. Sistem yang dibentuk dalam blockchain bahkan lebih luas lagi, tidak hanya dari sisi pasar, saja, melainkan juga adanya para pemodal yang siap memberikan kepercayaan kepada para pengusaha muda yang inovatif tersebut.

2. Mudahnya Mendapatkan Pendanaan

Inovasi dan ekspansi yang dilakukan oleh para pemuda ke dalam teknologi 4.0 ini juga akan mendorong setiap lembaga keuangan untuk memberikan akses permodalan lebih mudah. Hal ini sangat penting untuk kemajuan dunia usaha. Sehingga para pengusaha bisa bebas bergerak tanpa harus kesulitan dalam mendapatkan modal.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, potensi terbentuknya blockchain akan membuat sistem permodalan terhadap dunia usaha semakin mudah. Hal ini akan mendorong setiap pengusaha muda kreatif, baik yang baru memulai akan mendapatkan kemudahan untuk mengembangkan usahanya.

Sekarang Pun sudah terbentuk sebuah sistem pemodalan online. Banyak aplikasi yang menawarkan program investasi. Ada peer to peer lending, yang memanfaatkan crowdfunding dalam proses pengembangan usaha. Ketika hal ini terus berkembang, maka akan membentuk sebuah sistem yang bisa membuka berbagai macam peluang dalam mendapatkan modal lebih mudah.

3. Strategi Marketing Lebih Murah

Strategi pemasaran lewat teknologi juga sangat efektif dan juga murah. Sasaran marketing yang bisa dituju pun juga akan semakin efektif, karena langsung ke setiap pengguna teknologi. Hal ini sudah banyak diterapkan mulai dari pemanfaatan media sosial, website, email, dan lain sebagainya.

Adanya strategi marketing lewat teknologi internet dan berbagai media lainnya ini juga mendorong pengusaha dalam ekspansi pasar lebih luas. Konsumen yang didapatkan tidak hanya terbatas pada kawasan tertentu saja. Lebih dari itu akan menjangkau ke seluruh tempat di Indonesia, bahkan tidak menutup ruang-ruang global.

Kadin Indonesia terus mendorong terciptanya para pengusaha muda inovatif untuk mengembangkan usahanya. Dorongan tersebut terlihat dari berbagai macam pelatihan, seminar, kerjasama, dan langkah-langkah strategis lainnya untuk menciptakan iklim pengusaha muda yang lebih inovatif.


Anda mungkin juga menyukai: