PT. Parna Raya memiliki anak perusahaan di sektor industri minyak dan gas (migas). Setidaknya ada tiga anak perusahaan dari Parna Raya Group yang mengelola sektor industri migas, yaitu PT. Surya Parna Niaga, PT. Parna Mas Energi, dan PT. Menara Mas Energi.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kandungan minyak bumi terbesar di dunia. Tidak salah jika Parna Raya mengembangkan perusahaannya ke sektor industri migas. Selain adanya cadangan yang melimpah, minyak bumi masih menjadi Andalan untuk bahan bakar industri dan kendaraan bermotor.

Image result for karyawan pt parnaraya

Di sini, kita akan membahas mengenai jenis minyak bumi yang dieksplore oleh anak perusahaan PT Parna Raya dan apa saja manfaat dari masing-masing jenis tersebut.

1. Bensin

Di pasaran Indonesia saat ini, terdapat lima jenis bensin, yaitu :

  • Bensin RON 88 atau lebih dikenal dengan premium
  • Bensin RON 90 atau lebih dikenal dengan pertalite
  • Bensin RON 92 atau lebih dikenal dengan pertamax
  • Bensin RON 95 atau lebih dikenal dengan Pertamax Plus

Bensin banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, yaitu motor dan mobil. Meskipun bensin memiliki jenis RON yang berbeda, namun Anda lebih disarankan untuk memakai bensin dengan RON yang tinggi. Karena semakin tinggi RON semakin baik pula kualitasnya.

2. Minyak tanah / kerosin

Minyak tanah merupakan cairan bening yang mudah terbakar. Namun Anda juga yang menambahkan pewarna kuning agar bisa dibedakan dengan air. Sebelum beralih ke LPG, minyak tanah digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak menggunakan kompor sumbu. Kini minyak tanah sudah sangat jarang ditemui di masyarakat.

3. Solar

Solar merupakan jenis bahan bakar kendaraan. Umumnya digunakan untuk kendaraan yang menggunakan mesin diesel. Solar juga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin industri. sebagai bahan bakar yang murah, solar sering digunakan oleh para supir angkot sebagai bahan bakar angkutan mereka.

Itulah tiga jenis minyak bumi yang dieksplore oleh PT. Parna Raya dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Ketiga jenis tersebut sering kita temui dan sering juga kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.