Di Indonesia ada banyak sekali anak yang mengalami masalah pencernaan anak berupa intoleransi laktosa. Hal ini membuat anak sulit mengkonsumsi susu yang memiliki kadar laktosa tinggi. Nah, untuk tahu lebih banyak mengenai masalah pencernaan yang satu ini, ini dia ulasannya.

Tentang laktosa

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai masalah pencernaan intoleransi laktosa, kita kenali dahulu apa itu laktosa ya Moms! Laktosa adalah sebuah senyawa yang umumnya muncul di susu. Artinya, senyawa ini ada secara natural di dalam susu walaupun susu tersebut tidak ditambah. Nah, untuk jenisnya, senyawa ini termasuk sebagai salah satu jenis gula.

Apa yang menyebabkan intoleransi laktosa

Seperti disebutkan sebelumnya, laktosa adalah salah satu jenis gula. Gula perlu dicerna dan diubah menjadi senyawa lain yang lebih friendly dengan tubuh. Nah, proses pengubahan ini membutuhkan enzim khusus, Moms! Inilah yang membedakan antara anak yang memiliki intoleransi laktosa dan yang tidak.

Anak yang memiliki masalah intoleransi laktosa umumnya akan tidak memiliki enzim yang bisa digunakan untuk mencerna senyawa gula ini. Inilah yang membuat anak-anak dengan masalah intoleransi laktosa sulit untuk mencerna susu.

Lalu apa yang terjadi pada anak yang memiliki masalah pencernaan anak berupa intoleransi laktosa ini? Umumnya, anak yang memiliki masalah intoleransi laktosa ini umumnya akan mengalami beberapa masalah seperti diare, keram perut dan juga kembung. Nah biasanya gejala ini akan muncul setelah anak mengonsumsi produk susu.

Cara mengatasi anak dengan intoleransi laktosa

Salah satu cara untuk melihat apakah anak mengalami intoleransi laktosa adalah dengan melihat ekspresi dan pengalaman mereka setelah mengonsumsi produk susu. Biasanya anak-anak yang mengalami intoleransi akan merasa sakit perut seperti disebutkan sebelumnya.

Sayangnya konsumsi laktosa memang tidak bisa dihindarkan. Oleh karena itu, cara terbaik untuk membantu anak yang mengalami masalah ini adalah dengan membatasi konsumsi laktosa hingga batas yang memungkinkan untuk dikonsumsi anak. Atau Moms juga bisa memberikan suplemen pembantu guna meningkatkan kemampuan memecah laktosa dan mengurangi gejala dari masalah pencernaan anak yang satu ini.

Anda mungkin juga menyukai: