Setiap anak memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda-beda, yang menjadi pembeda yaitu sesuai atau tidaknya perkembangan tersebut jika dibandingkan dengan usianya. Sebagai orang tua tentu sangat menyenangkan jika melihat tumbuh kembang anak sesuai dengan umurnya, oleh karena itu jangan sampai ketinggalan ya bunda untuk tetap mendampingi anak dalam setiap perkembangannya.

Ada beberapa tahapan tumbuh kembang anak mulai dari usia 0-5 tahun yang harus bunda ketahui, tujuannya agar bunda lebih mudah untuk menyamakan atau mengevaluasi setiap pertumbuhan dan perkembangan anak apakah sesuai atau belum dengan usianya, namun jika pun belum jangan berkecil hati ya bunda karena setiap anak memiliki keunikan masing-masing dalam setiap proses tumbuhnya.

tahapan tumbuh kembang anak
tahapan tumbuh kembang anak

Berikut tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak dari usia 0-5 tahun.

  • Usia 0-1 bulan

Pada awal dilahirkan sampai usia 1 bulan anak lebih sering tidur dan hanya terbangun jika memang dia ingin lapar dan popoknya basah, dalam keadaan ini tentu bunda harus lebih siap siaga dalam menjaga seperti memperhatikan keadaan kulitnya yang masih sangat sensitif.

  • Usia 2 bulan

Pada usia 2 bulan anak sudah mulai menunjukan perkembangannya seperti melihat dengan jelas ditandai dengan seringnya berkedip-kedip selain itu pada usia ini panca indranya sudah mulai berfungsi dengan baik.

selanjutnya untuk beberapa bulan kedepannya anak semakin menunjukan pekembangannya dengan ocehannya yang selalu menggemaskan meski belum bisa mengucapkan kata yang utuh dan pertumbuhanya pun semakin meningkat yang ditandai dengan berat badan dan tinggi badannya yang semakin meningkat. 

  • Usia 1-2 tahun 

Menginjak umur 1 tahun anak sudah semakin menunjukan perkembangannya seperti bisa berbicara meski hanya beberapa kata, bahkan menginjak usia 2 tahun anak sudah bisa berjalan.

  • Usia 3-5 tahun

Selanjutnya semakin bertambah usianya anak semakin mengerti dan semakin menunjukan kemampuannya seperti mengatakan yang ia inginkan, makan dengan sendirinya dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tahapan tumbuh kembang anak yang perlu bunda ketahui, disamping itu bunda bisa memberikan si kecil dancow gum untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Anda mungkin juga menyukai: