Diamond jewellery merupakan perhiasan yang sangat populer belakangan ini. Penggemarnya berasal dari berbagai kalangan. Ada yang hanya sebagai pengguna saja, kolektor, hingga pebisnis berlian. Maraknya geng sosialita membuat keberadaan perhiasan jenis ini semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Tren arisan berlian bahkan telah banyak digelar demi memiliki perhiasan mewah yang menonjolkan kesan glamour tersebut. Supaya tidak mudah rusak, ketahuilah bagaimana cara membersihkan perhiasan berlian yang baik dan benar.

  • Gunakan sabun pencuci non-abrasif.

Shampoo dan body wash tanpa moisturizer bisa digunakan untuk mencuci diamond jewellery. Sebenarnya, saat ini juga telah tersedia larutan khusus pembersih berlian, namun tidak ada salahnya memanfaatkan bahan yang sudah ada. Hal yang perlu diingat adalah selalu gunakan pencuci yang berbahan lembut, tanpa mengandung detergen atau bahan kimia lain yang keras.

  • Gosok dengan sikat gigi lembut.

Setelah direndam dalam air sabun, langkah selanjutnya adalah menggosok perlahan bagian-bagian dari perhiasan berlian. Bersihkan kotoran yang masih menempel dengan sangat lembut supaya tidak merusak berlian. Jangan lupa untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang halus, ya.

  • Siapkan tusuk gigi.

Jika setelah digosok masih ada kotoran yang tertinggal, Anda bisa menggunakan tusuk gigi untuk membersihkannya. Usahakan tetap dengan gerakan selembut mungkin. Ingatlah harga sebuah berlian yang sangat fantastis. Jangan coba-coba bermain kasar dengan perhiasan berlian. 

  • Keringkan dengan paper towel.

Setelah dipastikan bersih tanpa ada kotoran yang tersisa, bilas berlian dengan air dingin. Kemudian keringkan dengan cara meletakkan berlian di atas paper towel yang lembut. Jangan digosok, cukup tunggu hingga air bekas bilasan habis terserap semua. Tidak perlu menjemur di bawah sinar matahari, hanya diangin-anginkan saja.

Itulah cara membersihkan diamond jewellery yang baik dan benar. Kuncinya adalah perlakukan perhiasan berlian dengan sangat lembut layaknya kulit bayi. Bersihkan secara berkala, jangan sampai membiarkan kotoran menumpuk terlalu lama sehingga sulit untuk dihilangkan. Jaga kilau alaminya dari kotoran yang menempel supaya tetap menjaga kemewahannya. 

Anda mungkin juga menyukai: