Wanita yang sudah menikah tentu ingin secepatnya memiliki momongan. Jika anda ingin segera memiliki momongan maka mengetahui tentang suhu basal tubuh penting untuk dilakukan. Suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh saat di pagi hari ketika kita melakukan aktivitas. 

Suhu basal tubuh akan terjadi sesudah ovulasi terjadi yaitu sekitar 12 hingga 24 jam setelah ovulasi. Pengukuran suhu basal tubuh penting untuk mengetahui kapan seharusnya anda melakukan hubungan intim. Saat suhu basal tubuh anda meningkat itu bisa menjadi tanda anda sedang berada dalam masa subur. 

Image result for suhu basal tubuh femometer

Ada hubungan antara suhu basal tubuh dengan masa subur. Jika anda rajin menghitung perubahan pada suhu basal tubuh dan mencatatnya. Maka akan didapat hasil yang berbeda setelah anda mengalami ovulasi. Suhu tubuh normal wanita adalah 35,5°C hingga 36°C namun setelah terjadi ovulasi suhu basal tubuh akan secara otomatis mengalami kenaikan sebesar 0,5°C. 

Saat sel telur lepas dari indung telur maka indung telur juga akan melepaskan hormon progesteron yang mampu memanaskan segala yang ada di tubuh untuk mempersiapkan lapisan rahim seandainya terjadi kehamilan. Suhu basal tubuh akan meningkat sampai saat akhirnya anda menstruasi dan suhu basal tubuh kembali menjadi normal. Namun jika anda hamil maka suhu basal tubuh akan tetap meningkat sampai trimester pertama. 

Jika anda ingin mengukur suhu basal tubuh dengan akurat, gunakanlah femometer yang khusus diciptakan untuk mengukur suhu basal tubuh. Dikarenakan suhu basal tubuh hanya memiliki perbedaan yang sangat kecil dibandingkan suhu tubuh normal. Termometer khusus untuk menghitung basal tubuh biasanya merupakan termometer jenis merkuri yang jarak antar derajatnya mudah dibaca karena lebih besar daripada termometer biasa. 

Umumnya termometer khusus suhu basal tubuh penggunaannya di mulut. Siapkanlah diagram grafik yang dokter ahli kandungan anda sarankan lalu mulai rajinlah catat suhu basal tubuh anda setiap pagi. Letakkan termometer di samping tempat tidur anda dan sebisa mungkin lakukan pengukuran ketika bangun tidur. Lakukan pengukuran selama beberapa bulan dan tandai waktu-waktu ketika suhu basal anda naik karena telah mengalami ovulasi.