Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Sekretaris

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pada setiap organisasi, dalam upaya mencapai tujuannya secara berhasil dan berdaya guna, memerlukan adanya pembagian tugas, pelimpahan wewenang, rincian tugas individu yang terlihat dalam organisasi. Ruang lingkup pekerjaan pada organisasi yang sangat luas mengakibatkan tidak mungkinnya pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh satu orang pegawai atau sekelompok kecil pegawai.

Sehubungan dengan hal tersebut, kemungkinan terdapat sekelompok staff, yang diantaranya adalah sekretaris yang melaksanakan kegiatan bantuan, atau rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok. Namun dalam hal ini perlu adanya manajemen sekretaris atau pengelolaan sekretaris agar dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya berjalan dengan baik.manajemen sekretaris

Dilihat dari kedudukan dan perannya sekretaris membantu seorang pemimpin dalam suatu  perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional perusahaan.

Sekretaris organisasi bertindak sebagai Kepala Sekretariat yang mempunyai wewenang membuat rencana, membuat keputusan, mengorganisir bawahan dan sarananya, melakukan pengawasan, memberi perintah, menyelenggarakan sistem komunikasi yang baik, melakukan pengarahan, penyempurnaan organisasi dan tata kerja. Untuk itu ada beberapa kualifikasi yang harus dipertimbangan dalam memilih sekretaris, diantaranya:

  1. Pengetahuan meliputi:
  2. Mempunyai pengetahuan yang luas.
  3. Memahami seluk beluk tentang organisasi, misi, fungsi dan tugas pokok organisasi.
  4. Mempunyai ilmu pengetahuan yang relevan dengan bidang tugasnya.
  5. Memiliki pengetahuan tentang tata naskah, kearsipan dan peralatan perkantoran.
  6. Mempunyai pengetahuan yang baik tentang bahasa Indonesia dan bahasa asing
  7. Keterampilan:
  8. Mampu menyusun laporan
  9. Mampu berkorespondensi
  10. Mampu menggunakan bahasa indonesia dan bahasa asing
  11. Mampu menggunakan teknologi perkantoran
  12. Kepribadian:
  1. Memiliki kepribadian yang menarik dan baik
  2. Loyalitas dan dedikasi yang tinggi
  3. Ketekunan, ketelitian, kerapian, kejelian, kejujuran,  keterbukaan, kesabaran, keramahtamahan serta  tanggung jawab

Untuk itu perlu adanya manajemen sekretaris yang baik agar tidak terjadi tumpang tindih tugas atau pekerjaan dalam suatu organisasi. Misi Education merupakan lembaga yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sekretaris profesional yang siap menerapkan keterampilan. Anda akan berada di jalan yang benar menjadi seorang asisten profesional yang percaya diri demi pengembangan karir Anda di masa depan. Untuk informasi lebih jelasnya anda bisa kunjungi websitenya di http://www.misi.id.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply