Untuk hidup sehat diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya lingkungan di sekitar tempat tinggal, makanan dan minuman yang dikonsumsi, kebiasaan yang dilakukan setiap hari dan lain sebagainya. Terutama kesehatan ibu hamil sangat penting untuk dipantau, karena bisa berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

1. Lingkungan

Tempat serta lingkungan bagi ibu hamil harus bersih dan steril. Terhindar dari banyak nyamuk, kuman dan bakteri. Selain itu lingkungan yang baik bisa dilihat dari udara yang sehat. Diantaranya udaranya masih segar, tidak terpapar polusi. Lingkungan masih terdapat banyak pepohonan, bersih dari asap pabrik, asap rokok, asap kendaraan yang berlebih serta jauh dari tempat akhir pembuangan sampah.

Kebersihan air juga penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Diantaranya air tidak keruh, tidak berbau, tidak tercemar limbah, dan tidak mengandung unsur kimia yang berbahaya. Air yang tidak sehat dapat menyebabkan diare, muntah dan gangguan terhadap janin. Air perlu direbus sampai mendidih sebelum mengonsumsinya.

2. Makanan

Kemudian ada beberapa makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil diantaranya ada buah, sayuran, dan lain – lain. Buah yang bagus adalah pisang, pepaya, jeruk. Sedang yang tidak dianjurkan untuk memakannya adalah nanas, durian, dan nangka dalam jumlah yang berlebihan. Kacang – kacangan, ikan, telur, ubi, dan daging juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

kesehatan ibu hamil

3. Minuman

Minuman yang bagus untuk ibu hamil adalah produk susu atau yogurt. Susu mengandung protein dan kalsium. Sedangkan yogurt bisa mengurangi komplikasi selama kehamilan. Sebaiknya menghindari minuman bersoda dan mengandung banyak gas. Dan memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Minum air putih yang cukup dapat mengurangi rasa sembelit dan infeksi saluran kemih selama hamil.

4. Kebiasaan setiap hari

Perlu berolahraga ringan, seperti jalan kaki, senam khusus ibu hamil. Sebaiknya tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat, mengangkat beban berat, dan tidak terlalu banyak tidur. Selain itu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta makanan – makanan yang bagus untuk ibu hamil.

Kesehatan pada kehamilan merupakan hal penting untuk perkembangan kesehatan ibu dan juga bayi yang ada dalam kandungannya. Semakin baik kondisi kesehatan ibu hamil maka keadaan janin yang dikandung juga akan semakin baik.