Fungsi Permainan Olahraga Tradisional

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Permainan olahraga tradisional  adalah  bentuk  kegiatan serta aktivitas permainan  dan  atau olahraga  yang berkembang  dari  suatu  kebiasaan  atau adat masyarakat atau suku bangsa tertentu di Indonesia.  Pada  perkembangan selanjutnya  permainan  tradisional  sering  dijadikan sebagai  bentuk  permainan  yang memiliki  ciri khas kedaerahan  asli  dari masing-masing daerah serta  disesuaikan  dengan  tradisi  budaya  setempat.

Kegiatannya dilakukan baik secara rutin maupun sekali-kali dengan  maksud  untuk mencari kesenangan dan mengisi waktu luang setelah melakukan aktivitas rutin seperti bekerja, sekolah, dan lainnya. Dalam  pelaksanaannya  permainan tradisional  dapat  menginputkan beberapa unsur permainan rakyat dan permainan anak ke dalamnya. Bahkan mungkin juga dengan memasukkan  aktivitas  yang  mengandung  unsur  seni  seperti  yang  biasanya  disebut

sebagai  seni  tradisional.  

Supaya  suatu  kegiatan  bisa dikategorikan  sebagai  permainan  tradisional yang mengarah pada kegiatan keolahragaan tentunya harus dideteksi unsur tradisinya yang memiliki keterkaitan erat dengan kebiasaan atau adat suatu kelompok masyarakat tertentu. Di samping itu, kegiatan itupun harus kuat mengandung unsur fisik yang secara nyata melibatkan kelompok otot besar dan juga mengandung unsur bermain yang menyenangkan bagi anak. Maksudnya, suatu kegiatan dikatakan permainan tradisional jika aktivitas itu masih diakui memiliki ciri tradisi adat tertentu pada suatu suku atau kelompok masyarakat tertentu pula.

Olahraga tradisional pada dasarnya dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis, yang secara  umum menggambarkan  karakteristik  dari  cara  pelaksanaannya.  Seperti berdasarkan  pekat tidaknya  unsur tradisi  yang  melekat  pada  olahraga  tersebut,  kemudian dilihat dari banyak tidaknya gerak yang dilibatkan. Serta  jenis  olahraga  tradisional  yang  kandungan  gerak  fisiknya  sangat  sedikit  tetapi banyak mengandung  akan  nilai-nilai  seni. Selain itu ada peran Permainan Tradisional yang mengarah pada bidang pendidkan yang diantaranya dapat merangsang berbagai ranah perkembangan anak, seperti  :

Aspek  motorik, Aspek  kognitif, Aspek  emosi,  Aspek  bahasa, Aspek  sosial,Aspek  spriritual, Aspek ekologis, dan Aspek nilai-nilai/moral. Peran inilah yang membuat permainan olahraga tradisional menjadi salah satu hal yang harus dimasukkan ke dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan rohani.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply