Fungsi Komponen Panel Listrik

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Panel listrik dibedakan menjadi dua, yaitu panel daya dan panel distribusi listrik.  Panel distribusi listrik berguna untuk mengalirkan energi listrik dari pusat atau gardu induk step down. Panel daya adalah tempat untuk menyalurkan dan mendistribusikan energi listrik dari gardu induk step down kepanel-panel distribusinya. Hal demikian dapat diterapkan pada instalasi listrik gedung yang bertingkat atau pada rumah yang bertingkat.

Sedangkan pada panel distribusi daya adalah tempat menyalurkan salah satu distribusi energi listrik dari panel daya ke beban panel (konsumen) baik untuk pada instalasi tenaga maupun untuk instalasi penerangan. Panel daya dan distribusi listrik diterapkan untuk memudahkan pembagian energi listrik secara menyeluruh, pengamanan instalasi dan pemakaian, dan pemeriksaan dan perawatan panel listrik.

Dalam pembuatan panel kita harus memperhatikan hal-hal yang penting, seperti panel harus mudah dilayani, dipasang pada salah satu tempat yang mudah dipakai, di depan panel pada ruangan  harus bebas, panel tersebut jangan ditempatkan pada tempat yang lembab. Panel tersebut berfungsi untuk membagi daya instalasi dan daya tenaga. Pada industri umumnya perlengkapan PHB dibagi atas panel untuk penerangan dan untuk tenaga. Pada panel tenaga biasa dipasang pengaman tegangan nol.

Panel tenaga dan panel penerangan dipisahkan untuk antisipasi apabila terjadi gangguan dari salah satu panel tenaga maupun panel penerangan supaya tidak mempengaruhi keduanya. Panel harus dihubungkan dengan tanah atau diberi grounding untuk memperkecil tegangan sentuh listrik apabila terjadi kebocoran isolasi. Besarnya penampangan harus sesuai dengan PUIL berguna untuk mengetahui besar tegangan antar fasa, arus,dll.

Panel dilengkapi dengan alat ukur volt meter, ampere, meter, dan lampu indikator. Panel juga memiliki bermacam-macam alat kontrol, seperti sakelar, tombol tekan , lampu indikator, sakelar magnet, kawat penghubung. Kemampuan alat kontrol harus sesuai dengan penggunaan dan harus memiliki tanda atau kode warna yang sesuai, seperti tombol merah untuk memutuskan tegangan dan tombol hijau untuk menghubungkan tegangan sehingga mempermudah dalam pelayanan setiap dalam penerapan instalasi listrik gedung maupun rumah yang bertingkat.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply