Menentukan hidangan untuk ibu hamil tidaklah mudah. Terutama pada usia janin 11-20 minggu yang perlu mengkonsumsi menu makanan terbaik dengan tingkat nutrisi lengkap. Menimbang kadar nutrisi kemudian manfaat bagi ibu hamil memang butuh referensi. Untuk itu, ada beberapa solusi tepat untuk bunda dalam memenuhi nutrisi terbaik agar kesehatan janin bisa tetap stabil.

Perkembangan janin setelah masuk usia 11-20 minggu tentu saja butuh banyak asupan nutrisi. Karena itulah ada segudang poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih menu makanan sehari-hari. Namun, ada hal penting lain yakni memilih menu terbaik, bahkan bisa dijadikan nutrisi tambahan. Lalu seperti apa daftar nutrisi tambahan berupa menu makanan bagi ibu jami usia 11-20 minggu?

usia janin
usia janin

Kacang Almond

Sudah menjadi menu makanan untuk menambah nutrisi tubuh ibu hamil di usia janin 11 sampai 20 minggu yakni kacang almond. Bukan tanpa alasan kacang almond banyak dipilih sebagai nutrisi tambahan. Sebab tersedia kadar vitamin E, asam lemak omega 3, dan nutrisi lainnya. Konsumsi kacang almond sebagai cemilan juga perlu dipertimbangkan.

Brokoli

Menu sayuran brokoli juga dapat dijadikan hidangan utama saat usia janin 11-20 minggu. Karena itulah bunda bisa mengkonsumsi brokoli dengan olahan sayur ataupun dimasukkan ke menu bubur. Kemudian dari kandungan asam folat, serat, kalsium, vitamin C, serta antioksidan juga sangat berguna bagi kesehatan janin.

Asparagus

Meskipun cukup sulit ditemukan, ternyata bahan sayuran berupa asparagus sangat diperlukan untuk mencegah gangguan kesehatan pada janin dan bunda. Kadar nutrisi di asparagus terbilang tinggi, sehingga sangat cocok untuk mengatasi morning sickness ataupun gangguan perut mual.

Olahan Ikan Salmon

Bukan hanya fokus pada menu sayuran saja, akan tetapi olahan ikan salmon juga diperlukan sebagai modal dasar untuk memaksimalkan semua pilihan makanan untuk jaga kesehatan tubuh bunda dan janin. Pada usia 11-20 minggu, janin butuh asupan protein dan vitamin D hingga asam lemak omega 3. maka dari itu ikan salmon sangat cocok sebagai makanan pendamping untuk bunda.

Olahan menu makanan untuk menjaga kesehatan usia janin 10-20 minggu sangat diperlukan.Usakahan dari setiap harinya bunda mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi agar tak terjadi malnutrisi ataupun gangguan kesehatan.

Anda mungkin juga menyukai: