CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan tanggungjawab sosial dari perusahan terhadap lingkungan sekitar atau masyarakat sekitar, dan untuk menjadikan lebih dekat serta dikenal oleh masyarakat. Maka, perusahaan mengadakan sebuah tanggung jawab sosial yang diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki kepentingan ataupun yang tidak memiliki kepentingan. Biasanya perusahaan-perusahaan besar akan mengadakan CSR dengan berbagai cara, ada penggalangan dana, pembuatan jalan, membangun jembatan, dan lain sebagainya.

Hal ini sepenuhnya untuk kepentingan publik yang dapat dirasakan oleh publik juga. Salah satunya adalah CSR PT Kaltim Parna Industri yang merupakan Badan Usaha yang memproduksi amonia di Kalimantan Timur. Banyak mengadakan tanggung jawab sosial setiap tahunnya untuk kepentingan bersama, antara perusahaan dan juga masyarakat umum. CSR ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT Kaltim Parna Industri dan juga pemegang saham di perusahaan tersebut kepada masyarakat, serta PT KPI ini mempunyai program yang cukup bagus untuk dilakukan dan dicontoh bagi perusahaan lainnya.

PT Kaltim Parna Industri
PT Kaltim Parna Industri

Beberapa program tersebut diantaranya adalah:

  • Program penghijauan lingkungan dengan konsep dasar inilah perusahaan mengajak masyarakat sekitar perusahaan atau masyarakat umum lainnya untuk memiliki kesadaran dan juga perilaku yang nyata bagi masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan.
  • Program pendidikan dan pelatihan, pendidikan merupakan jembatan yang penting untuk menuju kesejahteraan. Namun sayangnya keterbatasan ekonomi masyarakat seringkali menjadi penyebab krusial bagi masyarakat yang kurang memperhatikan pendidikan.
  • Program kesehatan,agama, sosial budaya dan juga kesejahteraan masyarakat, PT Kaltim Parna Industri banyak melakukan program CSR tersebut guna untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Ada banyak lagi program-program CSR yang dilakukan oleh PT Kaltim Parna Industri yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, diantaranya adalah program donor darah, program fogging, pelatihan kerja, berbagai antar umat beragama, KPI sumbang 2 SMK, KPI sumbang pembuatan lubang biopori, budidaya are, bazar murah giska dan lain sebagainya. Dengan adanya program tersebut, masyarakat bisa terbantu dan menjadikan hidup berkualitas serta apa yang dibutuhkan bisa terpenuhi.

Kategori: Bisnis