Masyarakat modern biasanya mengandalkan desain interior minimalis pada ruang tamu mereka. Gaya tersebut tampak sesuai dengan milenial dan gen Z yang suka dengan kepraktisan. Namun bagi Anda yang tidak ingin mengikuti trend tersebut, masih banyak gaya interior yang bisa diterapkan di era modern ini. Salah satunya yaitu desain ruang tamu bergaya vintage modern.

Memadukan gaya vintage pada ruangan berkonsep modern terdengar sangat unik. Interior vintage sendiri adalah interior yang identik dengan tampilan klasik. Memadupadankan gaya vintage di ruangan modern juga tidak terlalu sulit. Sebelum menerapkannya, ketahui terlebih dahulu ciri khasnya berikut ini:

ruang tamu bergaya vintage modern
ruang tamu bergaya vintage modern

Dinding Berwarna Pastel

Desain interior vintage biasanya menggunakan interior berwarna pastel, terutama pada dindingnya. Warna yang digunakan ini jauh berbeda dengan konsep modern yang lebih banyak menggunakan warna netral. Contoh warna pastel yang bisa Anda gunakan yaitu peach, biru, hijau telur asin, kuning lembut, dan lain sebagainya. Warna pastel membuat ruang tamu terasa lebih terang.

Ukiran Furniture yang Khas

Anda akan banyak menemukan ukiran pada desain interior vintage. Biasanya ukiran tersebut ada pada pajangan, furniture, serta perabotan lain. Ukiran yang ada di interior vintage membuat ruang tamu terasa lebih mewah dan elegan. Jadi pilih dengan baik furniture yang akan Anda gunakan di ruang tamu. Selain itu bersihkan perabotan dengan baik agar tidak meninggalkan debu di bagian ukirannya.

Motif Warna Pada Dekorasi atau Furniture

Ciri khas ruang tamu bergaya vintage modern selanjutnya yaitu memilih dekorasi atau furniture yang menggunakan motif. Namun motif ini jangan banyak-banyak karena kesan modern dan minimalis bisa hilang sepenuhnya. Contoh perabotan yang bisa menggunakan motif warna yaitu bantal sofa, taplak meja, pajangan guci atau vas, dan lain sebagainya. 

Material Lantai yang Hangat

Desain vintage dan modern memiliki ciri khas yang berbeda. Desain modern biasanya menggunakan material yang membuat lantai terasa kaku. Sebaliknya, desain vintage menggunakan material lantai yang terkesan hangat. Lantai yang digunakan oleh desain vintage adalah kayu, parket, atau ubin bermotif. Pemilihan kualitas material juga penting agar lantai tidak mudah rusak.

Ornamen Unik

Ciri khas selanjutnya yaitu banyaknya ornamen unik pada ruang tamu. Gaya vintage memang mengutamakan dekorasi agar ruang tamu terasa menarik. Salah satu dekorasinya yaitu ornamen unik misalnya seperti guci, bunga, dan cermin besar. Ornamen tersebut menggunakan motif atau warna yang membuat ruang tamu tidak monoton.

Furniture Bergaya Retro

Desain vintage memang sangat cocok dipadukan dengan gaya retro. Tidak heran jika ciri khas vintage salah satunya adalah menggunakan furniture bergaya retro. Gaya retro sendiri berkonsep lebih ke tradisional. Saat ini Anda bisa mencari furniture retro dengan mudah. Pasalnya sudah banyak produsen yang mengeluarkannya untuk keperluan desain interior.

Sentuhan Modern

Terakhir yaitu memberikan sentuhan modern pada ruang tamu vintage modern. Desain vintage memiliki ciri khas menonjol namun tetap mudah dipadukan dengan gaya lain, termasuk gaya modern. Sentuhan modern pada umumnya diterapkan pada elemen seperti dinding atau lantai.

Itulah berbagai ciri khas desain ruang tamu bergaya vintage modern yang perlu Anda ketahui. Setelah itu Anda bisa menerapkannya sesuai desain yang dibuat. Apabila membutuhkan informasi dan inspirasi seputar desain vintage modern, Anda bisa mengunjungi website Master Rumah. Di website tersebut Anda bisa mendaftar menjadi member dan menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan. Langsung saja, website Master Rumah bisa Anda akses di alamat www.masterumah.id

Anda mungkin juga menyukai: