Cincin pertunangan dan cincin perkawinan bisa membingungkan bagi yang belum tahu. Ada banyak pilihan untuk “cara yang benar” dalam memakai cincin kawin, dan penting untuk diingat apa yang paling cocok dengan gaya pribadi Anda. Untuk memberikan panduan kepada tunangan baru, kami telah mengumpulkan beberapa tradisi populer tentang kapan dan bagaimana memakai cincin kawin berlian dan cincin pertunangan.

Cincin Pertunangan VS Cincin Kawin

Meskipun istilah yang digunakan agak mirip, setiap cincin menandakan tonggak yang berbeda. Ada beberapa perbedaan antara cincin pertunangan dan cincin kawin, termasuk desain, penempatan, dan harga, tetapi perbedaan utama antara keduanya adalah kapan cincin diberikan. Cincin pertunangan biasanya diberikan pada saat lamaran dan cincin kawin biasanya diberikan saat pasangan ijab kabul dalam pernikahan. 

Pasangan akan sering membeli set cincin kawin berlian yang serasi sehingga mereka dapat memiliki gaya cincin yang serupa untuk menunjukkan persatuan mereka. Namun, semakin umum bagi pasangan untuk membeli cincin kawin yang mencerminkan gaya individu mereka sendiri tanpa khawatir harus berkoordinasi dengan pasangan mereka.

cincin kawin berlian
cincin kawin berlian

Cara Memakai Cincin Selama dan Setelah Upacara Pernikahan

Biasanya, pasangan memakai cincin perkawinan “paling dekat di hati”, artinya cincin perkawinan ditumpuk di bawah cincin pertunangan di jari manis kiri. Banyak calon pengantin wanita akan menukar cincin pertunangan mereka ke tangan kanan mereka sebelum melaksanakan akad nikah. Sehingga cincin kawin bisa dimasukkan ke tangan kiri terlebih dahulu. Pengantin wanita kemudian akan memindahkan cincin pertunangan mereka di atas cincin kawin selama atau setelah upacara pernikahan. Beberapa orang memilih untuk menyolder cincin pertunangan dan cincin pernikahan mereka setelah upacara untuk membuat perhiasan wedding set pengantin mereka ini menjadi satu kesatuan.

Untuk alasan praktis, seperti pekerjaan di mana Anda bekerja secara teratur dengan menggunakan tangan, wanita dapat memilih untuk memakai cincin kawin sederhana setiap hari dan hanya memakai cincin pertunangan mereka untuk acara-acara khusus. Ini juga merupakan cara yang umum saat bepergian, atau dalam situasi lain di mana seseorang mungkin takut kehilangan atau merusak cincin berlian. Pada akhirnya, bagaimanapun Anda memakai cincin, itu terserah Anda.

Bisakah Pria Memakai Cincin Kawin atau Pertunangan?

Tentu saja! Meskipun pria secara tradisional tidak menerima cincin pertunangan dalam budaya barat, praktiknya tidak pernah terdengar. Ed Sheeran seorang artis internasional misalnya, mengenakan cincin perak di jari manis kirinya saat bertunangan dengan istrinya yang sekarang, Cherry Seaborn. Ketika ditanya tentang hal itu dia berkata, “Saya tidak pernah melihat mengapa pria tidak memakai cincin pertunangan. Bagaimanapun, itu adalah komitmen yang sama.”

Selebriti yang lain termasuk Skylar Astin, Michael Bublé, dan pegulat profesional David Otunga juga memakai cincin pertunangan untuk menunjukkan keputusan mereka untuk menikah.

Pada akhirnya, perhiasan pernikahan Anda melambangkan komitmen pribadi Anda dan cinta untuk pasangan Anda. Dan bagaimana Anda memilih untuk memakainya, itu terserah Anda. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang cincin kawin dan pertunangan? Spesialis perhiasan kami di Mondial Jewellery akan dengan senang hati membantu Anda.

Lalu kenapa harus di Mondial Jewellery untuk memilih dan membeli cincin kawin berlian yang tepat? Ini adalah sebuah tempat atau rumah bagi koleksi perhiasan yang premium sejak tahun 1979. Dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi di bidang perhiasan, kami selalu bangga untuk mempersembahkan karya seni inovatif dengan kualitas terbaik setara dengan standar dan kualitas perhiasan internasional. 

Anda mungkin juga menyukai: